Kemenkumham Periksa Kapal Orang Asing, Tidak Ditemukan Pelanggaran

Jajaran Kementerian Hukum dan HAM melakukan patroli di laut guna mengecek sejumlah kapal asing yang bersandar di Pelabuhan Bali Marina Benoa dan Serangan, pada Sabtu (16/4/2022)
Jajaran Kementerian Hukum dan HAM melakukan patroli di laut guna mengecek sejumlah kapal asing yang bersandar di Pelabuhan Bali Marina Benoa dan Serangan, pada Sabtu (16/4/2022)

BENOA, balipuspanews.com – Mengantisipasi pelanggaran keimigrasian oleh warga negara asing (WNA), jajaran Kementerian Hukum dan HAM melakukan patroli di laut guna mengecek sejumlah kapal asing yang bersandar di Pelabuhan Bali Marina Benoa dan Serangan, pada Sabtu (16/4/2022).

Giat patroli itu dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali, Jamaruli Manihuruk, Gubernur Bali Wayan Koster dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar. Kemudian, Kepala Divisi Keimigrasian (Doni Alfisyahrin) dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar (Tedy Riyandi).

Pelaksanaan patroli ini dilakukan di Kawasan Laut di wilayah Denpasar, yakni di Pelabuhan Bali Marina Benoa dan di Pulau Serangan.

“Kegiatan ini menyasar orang asing yang berada di Pelabuhan Benoa serta melaksanakan pemeriksaan kapal yang bersandar dikawasan Serangan,” ungkap Jamaruli dalam siaran persnya, Sabtu (16/4/2022).

Patroli pertama dimulai dari Pelabuhan Bali Marina Benoa. Rombongan Kakanwil Kemenkumham Bali bersama Gubernur Bali memeriksa setiap kapal yang sedang bersandar. Dalam pemeriksaan kapal, tidak ditemukan adanya pelanggaran oleh WNA.

Selanjutnya, rombongan menuju Pulau serangan guna melakukan pemeriksaan terhadap kapal yang berlabuh di Pulau Serangan. Pada patroli yang kedua ini ditemukan ada beberapa WNA yang sedang beraktivitas diatas kapal.

Namun tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian yang dilakukan oleh WNA tersebut. Para WNA tersebut telah memiliki dokumen keimigrasian yang berlaku sesuai peraturan perundangan-undangan.

“Kegiatan patroli ini bertujuan untuk mengawasi dan menertibkan kegiatan orang asing, mengedukasi serta memberikan sosialisasi kepada orang asing untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan Izin tinggal yang telah diberikan,” ujarnya.

Jamaruli Manihuruk dalam kesempatan tersebut menyampaikan adanya aktivitas orang asing yang ditemukan saat patroli menunjukan pertanda baik. Dimana, bisa dikatakan Pariwisata di Bali sudah mulai bangkit.

Ia juga mengajak para pelaku pariwisata yang ada di Bali untuk bekerja sama dalam meningkatkan citra baik pariwisata Bali karena dengan kunjungan Orang Asing yang datang Bali akan berdampak juga pada meningkatnya ekonomi masyarakat Bali.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan