Rabu, April 24, 2024
BerandaDenpasarKemenkumham Romi: Posyankumhamdes Mediasi Masalah Hukum di Tingkat Desa

Kemenkumham Romi: Posyankumhamdes Mediasi Masalah Hukum di Tingkat Desa

DENPASAR, balipuspanews.com – Pos Pelayanan Hukum dan HAM Desa (Posyankumhamdes) yang merupakan inovasi percontohan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali sudah terbentuk sejak tahun 2020 lalu. Posyankumhamdes ini sudah tersebar di 235 Pos di seluruh Bali. Terbentuknya Posyankumhamdes ini untuk memberikan penanganan hukum di tingkat desa dengan pendekatan mediasi.

Dalam sebuah wawancara, Kakanwil Kemenkumham Bali Romi Yudianto mengatakan bahwa Posyankumhamdes telah dijadikan percontohan oleh beberapa wilayah lain sebagai garda terdepan dalam memberikan layanan dan kemudahan akses keadilan bagi warga di tingkat desa.

Apalagi, sejak diresmikan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tahun 2020 lalu, Posyankumhamdes sudah terbentuk sebanyak 325 Pos yang tersebar di 9 Kabupaten/Kota di Bali.

Sebagai miniatur Kanwil Kemenkumham Bali, berbagai layanan berupa konsultasi hukum, bantuan hukum, penyuluhan hukum, yankomas, layanan asistensi pendaftaran KI, maupun layanan di bidang AHU, Keimigrasian dan Pemasyarakatan juga tersedia di sana.

“Sudah banyak permasalahan hukum di tingkat desa yang berhasil ditangani dengan pendekatan mediasi di Posyankumhamdes terdekat. Seperti kasus perusakan pelinggih, kasus sengketa hak waris di Desa Medahan, kasus perkelahian antar kelompok warga di desa Kemenuh adalah beberapa diantaranya,” beber Romi.

BACA :  Dinsos Badung Gelar Pelatihan Tata Rias Bagi Perempuan Rawan Sosial Ekonomi

Romi juga menambahkan bahwa mediasi kasus ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan di Posyankumhamdes sebagai ujung tombak penyelesaian masalah di tingkat desa.

Ia berharap, melalui pemberdayaan peran Kepala Desa sebagai juru damai desa maka permasalahan hukum warga setempat diharapkan dapat tertangani secara lebih efisien baik waktu, tenaga maupun biaya dan sejalan dengan semangat restorative justice.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular