Kementrian Agama Ajak Narapidana dan Tahanan di Rutan “Megenjek”

Hiburan genjek bagi para narapidana LP Klungkung
Hiburan genjek bagi para narapidana LP Klungkung

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Guna melestarikan Seni Genjek di Klungkung sekaligus mensosialisasikannya dari Kementrian Agama Kabupaten Klungkung secara khusus Rabu (30/10) malam sengaja menghibur 91 orang Narapidana atau Tahanan di Rutan Kelas II B Klungkung.

Hiburan Kesenian Genjek yang bernama Asti Semerbak ini dikomandoi oleh Ida Bagus Giri Adnyana selaku Tenaga Pramubakti Seksi Urusan Agama Hindu Kemenag Klungkung dan 3 Penyuluh Agama Hindu Non PNS seperti I Komang Arya Adi Putra, I Komang Angga Sanjaya, dan I Nengah Adi Widiastrawan. Kegiatan hiburan seni genjek ini berlangsung semarak disambut semangat oleh para narapidana LP Klungkung .Tidak itu saja bahkan puluhan Narapidana dan Tahanan ikut larut  ikut megenjek dengan balutan kain warna poleng sebagai ciri khas kesenian tersebut.

Menurut Ida Bagus Giri Adnyana bahwa kegiatan berkesenian yang dilakukannya di Rutan adalah wujud kerjasama Kementrian Agama Kabupaten Klungkung dengan Kepala Rutan Kelas II B Klungkung untuk merayakan Hari Dharma Karyadhika 2019.

“Seijin Kepala Kemenag Klungkung, Drs. Ida Bagus Nyoman Gde Suastika, M.Si, kami ikut serta menghibur warga binaan permasyarakatan ini sekaligus menanamkan nilai-nilai agama Hindu dengan mengajak mereka berkesenian,” ujar Ida Bagus Giri Adnyana.

Sementara Kepala Rutan Kelas II B Klungkung, Renharet Ginting yang diwakili  oleh Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas II B Klungkung, Ida Bagus Dwikora menjelaskan perayaan Hari Dharma Karyadhika 2019 ini digelar setiap tahun sekali, sekaligus untuk memperingati HUT Kementrian Hukum dan HAM RI ke-71.

Selain menampilkan kesenian genjek dari Kementrian Agama Klungkung, kami juga sebelumnya telah mengadakan kegiatan kerja bakti ke tempat ibadah, kegiatan sosial, lomba Tri Sandya, lomba karaoke dan lomba kebersihan kamar. Dibidang olahraga, kami mengajak para Narapidana dan Tahanan bertanding di Cabang Olahraga Bulutangkis, Tenis Meja, dan Catur. Dibidang seni musik, puluhan Narapidana dan Tahanan diajak mengeluarkan suara emasnya dan dipimpin oleh Smara Band yang personilnya dari warga binaan pemasyarakatan Rutan Kelas II B Klungkung.

“Ada 54 Narapidana dan 37 Tahanan yang jumlahnya kalau ditotalkan menjadi 91 orang ini kami ajak bergembira merayakan HUT ke-71 Kementrian Hukum dan HAM, semoga mereka semuanya bergembira dan meningkatkan kreativitasnya selama berada di Rutan,” ujar Ida Bagus Dwikora sumringah. (Roni/bpn/tim)