Kapal kandas
Kapal kandas
sewa motor matic murah dibali

NEGARA, balipuspanews.com- Puluhan penumpang kapal motor Penumpang (KMP) Trisakti Adinda, Kamis (14/11) terpaksa dievakuasi tim SAR Gabungan. Mereka dievakuasi karena kapal yang ditumpangi kandas di peraoran dangkal sebelah selatan lampu merah dekat pelabuhan Gilimanuk.

Kapal milik perusahaan pelayaran PT Trisakti Lautan Ma situ berlayar dari pelabuhan Ketapang Banyuwangi sekitar pukuk 22.00. selama pelayaran kapal yang dikemudikan oleh kapten Anna Riana dengan mengangkut 4 unit truk besar, 3 unit truk tronton dan 3 unit mobil kecil serta 2 unit truk sedang, 1 unut pick up dan 7 unit sepeda motor tersebut tidak mengalami masalah. Namun saat mendekati pelabuhan Gilimanuk kapal yang juga mengangkut 49 orang penumpang dan 15 anak buah kapal (ABK) mulai bermasalah, kemudi kapal mengalami trouble atau kerusakan sehingga sulit untuk dikendaliukan. KMP Trisakti Adinda kemudian hanyut terseret arus deras lalu kandas di perairan dangkal sebelah selatan lampu merah atau sekitar 1 mil dari pelabuhan Gilimanuk. Setelah kapal kandas ANK sempat berusaha melakukan upaya perbaikan dan olah gerak agar kapal bisa lepas dari kandas. Namun upaya itu tidak membuahkan hasil. “Kapal Trisakti Adinda kandas karena terseret arus dan mengalami trouble pada kemudinya sekitar pukul 23.00,” ujar Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk AKP Gusti Nyoman Sudarsana.

Karena upaya untuk keluar dari kandas gagal, puluhan penumpang yang lama tertahan diatas kapal mulai resah. Untuk mengurangi resiko Nahkoda kapal kemudian meminta bantuan untuk evakusi penumpang. Tim SAR Gabungan dari Pos SAR Jembrana, Polair, TNI AL ASDP dibantu nelayan kemudian melakukan evakuasi penumpang mulai pukul 01.45 dengan menggunakan Rescue Car Type I, Rib Boat dan perlengkapan lainya. Penumpang yang terdiri dari 46 orang dewasa, 2 anak-anak dan 1 Balita itu kemudian dievakuasi secara bergiliran. Akhirnya seluuh penumpang berhasil dievakuasi dalam waktu satu jam lebih. “Penumpang kita evakuasi menuju pelabuhan Gilimanuk. Semuanya berhasil kita evakuasi dengan selamat dan sementara ditampung di kantor ASDP,” ungkap Koordinator Pos SAR Jembrana Komang Sudiarsa.

Setelah semua penumpang dievakuasi, KMP Trisakti Adinda masih tetap pada posisinya kandas. Untuk bisa melakukan olah gerak dan lepas dari kandas harus menunggu air pasang. “Sampai sore ini kapal masih tetap diposisinya kandas. Setelah air pasang yang puncaknya pada malam kemungkinan baru bisa melakukan olah gerak atau dilakukan upaya penarikan,” jelasnya. (nm/bpn/tim)