Selasa, April 16, 2024
BerandaBadungKenali Kultur Sekolah, Mahasiswa Unmas Observasi ke SMK PGRI 3 Badung

Kenali Kultur Sekolah, Mahasiswa Unmas Observasi ke SMK PGRI 3 Badung

BADUNG, balipuspanews.com – Sinergitas antara kampus dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terjaga dengan baik melalui kerja sama dalam berbagai hal. Seperti yang dilakukan Mahasiswa FKIP Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar melakukan observasi ke SMK PGRI 3 Badung untuk mengetahui kultur sekolah sebelum melakukan kegiatan di sekolah tersebut.

Kultur sekolah merupakan budaya sekolah yang dapat memberikan pengaruh terhadap kehidupan masyarakat sekolah. Observasi lingkungan sekolah adalah cara untuk mengenal kultur di sebuah sekolah. Pengenalan kultur sekolah merupakan salah satu aspek penting bagi mahasiswa atau calon guru.

Oleh karena itu, melalui kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) di SMK PGRI 3 Badung, mahasiswa FKIP Unmas Denpasar melakukan observasi pada, periode Februari-Maret.

Kelompok mahasiswa FKIP Unmas Denpasar yang beranggotakan 10 orang yaitu Ni luh Eka Purnami Pinatih dan Ni Nyoman Ayu Tri Laksmi dari Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Ni Putu Sintya Krisnayanti, Ni Nyoman Sukma Nadi Ulandari, Ni Wayan Alika Bira Gandhi, Ni Putu Yeni Sukma Dewi, Ni Putu Bintang Olivia Dewanti, Kadek Gunawan, dan I Kadek Dwi Pradnyana Wibawa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Gabriel Natali dari Prodi Pendidikan Matematika. Kegiatan ini didampingi oleh I Made Surya Hermawan, S.Pd., M.Pd. dari Prodi Pendidikan Biologi.

BACA :  Pj Bupati Jendrika Buka Lokasabha V PHDI Kabupaten Klungkung

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, I Nyoman Nadiana, S.Pd., mengatakan, dengan melalukan observasi lebih awal sebelum kegiatan PLP nanti, tim mahasiswa dapat mengetahui serta mengenal kultur di sekolah SMK PGRI 3 Badung.

Dikatakan, Sekolah SMK PGRI 3 Badung sudah sejak lama menerapkan pola kebiasaan tegur sapa dengan ramah antar keluarga besar Sekolah yang berlokasi di Dalung ini dengan menerapkan kebiasaan 5S yaitu senyum, sapa, salam, sopan, dan santun dalam aktivitas keseharian.

Dengan memaksimalkan pelaksanaan 5S, lanjut Nadiana, maka terciptalah masyarakat sekolah yang ramah dan beretika. Selain itu, pengkondisian awal belajar di SMK PGRI 3 Badung juga sangat tertib, mulai dari pengecekan kedisiplinan siswa sampai dengan melakukan persembahyangan bersama.

Lebih lanjut, 10 menit sebelum pembelajaran dimulai, siswa diwajibkan untuk membaca buku bacaan sebagai bagian pembudayaan literasi. Meskipun dalam kondisi pembelajaran daring, hal-hal tersebut tetap diupayakan terlaksana sebagaimana mestinya meskipun terdapat kendala dalam penerapannya.

Selanjutnya, terdapat anjuran-anjuran pembiasaan dan kebiasaan positif diantaranya, anjuran menjaga kebersihan, menjaga ketenangan, serta memanfaatkan waktu luang. Pertama, anjuran menjaga kebersihan di SMK PGRI 3 Badung terlaksana dengan baik.

BACA :  Antisipasi Lonjakan Arus Balik, ASDP Sarankan Pemudik Beli Tiket Secara Online

Para siswa dengan taat membuang sampah pada tempatnya, tidak mengotori fasilitas, serta menjaga kondisi sekolah tetap bersih. Kedua, anjuran menjaga ketenangan juga terpantau baik. Hal ini terlaksana dengan optimal karena adanya kerja sama yang baik antara guru dan siswa untuk menjaga lingkungan sekolah tetap nyaman dan menyenangkan.

Ketiga, anjuran memanfaatkan waktu luang juga terlaksana dengan baik namun kurang optimal.

“Sebelum pandemi, para siswa dianjurkan untuk memanfaatkan waktu luang untuk membaca buku di perpustakaan, namun karena pandemi hal itu tidak terlaksana dengan optimal. Berbicara tentang kultur sekolah, tentu tidak luput dari hubungan sosial antar warga sekolah. Hubungan sosial antar warga sekolah teramati sangat baik,” jelasnya.

Hal ini dilihat dari slogan mereka yaitu “Friendly and Family” yang menggambarkan hubungan antar warga sekolah layaknya teman dan keluarga. Hal menarik lainnya dari hubungan sosial ini adalah tujuan dari dibangunnya sekolah itu sendiri.

Penulis: Budiarta

Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular