Selasa, April 16, 2024
BerandaBulelengKenalkan Potensi Ekonomi Lokal Jadi Fokus Duta Pariwisata Buleleng

Kenalkan Potensi Ekonomi Lokal Jadi Fokus Duta Pariwisata Buleleng

BULELENG, balipuspanews.com – Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama di bidang pariwisata dan UMKM, Putu Bimantara,22, yang dikenal sebagai Duta Pariwisata Buleleng atau Bagus Buleleng, terus mengukir prestasi dalam mengangkat sektor pariwisata dan UMKM lokal di Buleleng dengan melakukan berbagai gebrakan memperkenalkan potensi daerah Gumi Panji Sakti.

Pria yang akrab di sapa Bima itu, aktif dalam melakukan berbagai kegiatan yang salah satunya fokus pada publikasi potensi pariwisata dan UMKM di Buleleng kepada masyarakat di Bali dan di luar Bali melalui media sosial.

Salah satu gebrakan terbarunya adalah pembuatan konten mengenai potensi Daerah Tujuan Wisata (DTW) Lovina dengan konsep D’Jour, singkatan dari Dolphin Journey, petualangan yang mengeksplorasi pesona lumba-lumba di laut Bali Utara, yang telah dikenal hingga mancanegara.

“Upaya ini bertujuan untuk menggali potensi DTW dan memperkenalkannya secara menarik, sebagai bagian dari peran duta yang bertanggung jawab untuk mempromosikan Buleleng secara lebih luas,” jelas Bima.

Bima juga memiliki tekad untuk ikut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan memberikan kontribusi positif serta menciptakan citra positif bagi Kabupaten Buleleng melalui berbagai pelatihan dan kompetisi budaya yang bersinergi dengan Dinas Kebudayaan Buleleng. Pelestarian budaya dan tradisi khas Buleleng dipilih, karena dianggap bisa menjadi dukungan dalam sektor pariwisata, menggerakkan roda perekonomian, dan membuka lapangan kerja.

BACA :  Polisi Ungkap Pelaku Tambahan Pencurian di Sejumlah LPD di Karangasem

Melalui konsep CP2K (Caritahu, Pelajari, Pahami, dan Kenalkan) yang dipegang teguh, Putu Bimantara optimis bahwa SDM di Buleleng dapat menjadi unggul dalam kualitas, menjadi kunci keberlanjutan budaya dan pariwisata.

Sebagai duta pariwisata, Bima melihat dirinya sebagai pelayan masyarakat dan berkomitmen untuk membantu masyarakat, khususnya yang bergerak dalam sektor pariwisata. Dirinya yakin bahwa kolaborasi aktif dari berbagai pihak akan memperkuat upaya bersama.

“Dengan keseimbangan antara kerja keras, kontribusi, dan semangat pelayanan, saya siap mewujudkan impian menjadi representasi nyata dari Buleleng dan memberikan dampak positif bagi masyarakat serta pariwisata setempat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Bima selaku perwakilan Kabupaten Buleleng di Jegeg Bagus Bali baru ini berhasil meraih prestasi sebagai Runner Up 3 Bagus Bali 2023 dengan membawakan Essay Terbaik Kategori Bagus dengan judul Revitalisasi Ukiran Buleleng : Eksistensi Jati Diri di Masa Kini.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular