Petani Arak asal Desa Adat Kebung Saat Bertemu Dengan Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana
Petani Arak asal Desa Adat Kebung Saat Bertemu Dengan Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, Balipuspanews.com – Pagi ini, Jumat (20/09/2019) beberapa orang petani pembuat arak traditional asal Desa Adat Kebung, Sidemen, Karngasem bersama Bendesa Adatnya datang ke Gedung DPRD Kabupaten Karangasem.

Kedatangan para petani pembuat arak traditional ini diterima langsung oleh Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana diruangan transit Gedung DPRD Karangasem.

Dihadapan Gede Dana, para pengerajin arak traditional ini menyampaikan keluh kesahnya atas aksi penggrebekan aparat terkait yang sempat dialami oleh sejumlah petani arak di Desa Adat Kebung.

“Kami sangat berharap agar tidak ada lagi penggrebekan, karena pengerajin arak tradisional hanya mengandalkan aktifitas tersebut sebagai mata pencaharian,” kata Bendesa Adat Kebung, Drs. I Ketut Wika mewakili keluhan para petani arak ini.

Selain persoalan penggrebekan, para pengerajin juga menyampaikan aspirasi terkait wacana Pergub tentang legalisasi arak tradisional. Dimana jika memungkinkan sebelum Perda ini benar benar disahkan agar pihak terkait bisa duduk bersama menggelar audiensi bersama para pengerajin arak.

Sementara itu, terkair dengan keluhan dan harapan para pengrajin arak ini, ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana mengatakan akan melakukan koordinasi dahulu kepihak Provinsi agar hal itu bisa dilaksanakan sesuai apa yang diharapkan oleh para perajin arak tradisional.

“Terkait dengan apa yang menjadi harapan para pengerajin arak tradisional ini, kami masih akan kordinasikan dulu keprovinsi, semoga apa yang menjadi harapan bisa diakomodir dan mendapat hasil yang terbaik,” kata Gede Dana (rls/bpn/tim)