Jumat, Maret 29, 2024
BerandaKarangasemKerap Dikeluhkan Pengguna Jalan, Jalur Sidemen - Klungkung Butuh Rest Area

Kerap Dikeluhkan Pengguna Jalan, Jalur Sidemen – Klungkung Butuh Rest Area

KARANGASEM, balipuspanews.com – Keterbatasan anggaran dan lahan membuat Pemkab Karangasem belum bisa menyiapkan rest area di jalur Amlapura – Klungkung.

Seperti diketahui, pengguna jalan yang melintas di jalur Sidemen kerap mengeluhkan kemacetan yang terjadi pada jam-jam tertentu akibat banyaknya kendaraan truk pengangkut material galian C yang parkir berjejer di badan jalan.

“Ya, terutama jam-jam istirahat siang, banyak truk parkir di badan jalan, kalau pas barengan kendaraan dari utara dan selatan masuk pasti macet,” ujar Agus salah seorang pengendara yang sering melewati jalur Sidemen.

Kondisi itu selain kerap menimbulkan kemacetan juga dipandang cukup membahayakan bagi pengguna jalan lainnya. Oleh sebab itu, pemerintah diharapkan agar bisa mencarikan solusi sehingga truk-truk tersebut tetap bisa mendinginkan ban sambil beristirahat dengan nyaman tanpa menimbulkan masalah lalulintas.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karangasem, I Made Agus Budiasa kepada awak media baru-baru ini mengatakan, bahwa saat ini pihaknya belum bisa menyediakan atau membangun rest area di jalur tersebut karena keterbatasan anggaran dan lahan yang dimiliki.

BACA :  Komite III DPD RI: 7 Isu di Sektor Pariwisata Tantangan yang Harus Mampu Ditangani

Sementara itu, saat ini Pemkab Karangasem memiliki satu tempat rest area di wilayah Kangkang, Kecamatan Abang, hanya saja kondisi rest area tersebut kini tidak berfungsi lantaran hampir tidak ada truk yang mau parkir di sana.

Atas keterbatasan itu, Budiasa mengaku tetap menghimbau agar sopir truk saat mendinginkan ban nya mencari posisi atau tempat parkir yang jalannya agak lebar sehingga tidak sampai terlalu banyak mengambil badan jalan untuk menghindari kemacetan.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular