Keretakan Karang Pura Uluwatu Belum Tertangani Maksimal, BPBD Minta Waspada

2024
Pura Uluwatu Bali

KUTA SELATAN, balipuspanews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali meminta warga untuk tetap waspada karena sampai saat ini keretakan karang penyangga Pura Uluwatu belum tertangani maksimal.

“Langkah sudah pernah diambil oleh pihak Pemkab Badung, dengan melakukan penambalan pada celah retakan itu, di saat masa kepemimpinan Bupati  AA Gde Agung dengan Wakil Bupati,  I Ketut  Sudikerta, mulai ramai diperbincangkan karena ada penataan sehingga kelihatan ada beberapa titik yang masih menganga (mungkin terlewat,red) saat penambalan dulu  seperti disampaikan Sekretaris Dinas PUPR Prov. Bali (Dewa Ayu Puspa) saat dialog dengan saya, ” kata Plt Sekretaris, I Made Rentin seizin Kalaksa BPBD Prov Bali, Selasa.

Kendatidemikian adanya, pihaknya meminta agar warga tetap waspada utamanya kepada pemedek menjelang Pujawali Anggara Kasih Medangsia, Selasa (15/1).

Disisi lain, Rentin mengatakan tetakan ini bukan baru atau dengan kata lain sudah lama seperti ini.

Menurut Jero Gede Mangku pura yang disampaikan oleh  Rentin, tidak ada pergerakan dalam arti tambah renggang keretakannya.

“ASTUNGKARA AMAN, kata jero gede (mangku),” jelas Rentin mengutip pernyataan Jero Gede.

Lebih jauh ditegaskan, jika mau tahu secara detail perlu dilakukan penelitian dan pengkajian mendalam oleh pihak berkompeten (geologi).

Rencana kedepan, tentu OPD terkait (Dinas PUPR Prov Bali) akan berkoordinasi dengan Pemkab Badung, karena secara kewenangan berada dibawah Pemkab Badung.

“Mungkin perlu bersinergi dengan pihak yang berkompeten untuk dikaji faktor geologi dan kondisi serta kekuatan bebatuan disana, untuk bisa diambil langkah dan tindakan yang tepat,” ujarnya.

Soal pembatasan pengunjung, Rentin mengatakan tidak bisa dilakukan, karena Bali ibarat magnet sangat sulit membatasi apalagi melarang mereka untuk berkunjung, mungkin yang bisa dilakukan sebatas himbauan agar semua pengunjung lebih berhati hati dan tetap menjaga kewaspadaan.(Art/bpn/tim)

Loading...