Pura Dalem Pinge
Pura Dalem Pinge

MARGA, balipuspanews.com – Maling menggondok pratima berupa keris ,arca Dewi Durga dan uang kepeng di Pura Dalem Pinge Desa baru Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan pada Sabtu (18/1/2020) sekitar pukul 07.00 wita.

Berdasarkan informasi dikumpulkan kejadian itu diawali seorang guru, I Wayan Astawa tiba di SDN 1 Baru dan memasuki ruang guru, dan mendapati monitor sudah tidak ada , setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan jendela dalam keadaan terbuka serta terdapat jejak kaki pada sofa.

Kemudian Astawa memperkirakan pada Pura Dalem juga dicurigai telah terjadi pencurian dengan kejadian tersebut menghubungi bendesa adat.

Selanjutnya bendesa adat melakukan pengecekan bersama sama dengan pemangku dan didapati gedong pura dalam keadaan pintu dibongkar, selanjutnya melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian polsek Marga.

Setelah polsek marga dibantu unit identifikasi & unit 1 Satuan Reskrim Polres Tabanan melakukan olah TKP diperoleh data barang barang yang hilang berupa
satu bilah keris, 7.500 biji uang kepeng ( pis bolong), 1 buah arca berbentuk Dewi Durga dengan dilapisi emas hilang.

Diduga pelaku mencongkel jendela pada sekolah kemudian masuk kedalam ruang guru dan mengambil monitor selanjutnya memanjat pagar/penyengker pura dalem selanjutnya merusak gembok dan mengambil pratima pura Kerugian yang diderita khusus SD N 1 : Rp.1.5 Juta dan Pura Dalem 00.000,- (satu juta lima ratus ribu Rp 80 juta. (rls/BPN/tim)