Jumat, Oktober 30, 2020
Beranda Bali Klungkung Keris Pusaka Dibersihkan Jelang HUT Puputan Klungkung

Keris Pusaka Dibersihkan Jelang HUT Puputan Klungkung

SEMARAPURA, balipuspanews.com -Menjelang pelaksanan HUT Puputan Klungkung yang ke 111 dan HUT Kota Semarapura ke 27, Dinas Kebudayaan dan Pemuda Kabupaten Klungkung secara khusus Kamis, (25/4/2019) mempersiapkan adanya Pameran Keris di Museum Semarajaya,KLungkung.

Pameran yang direncanakan selama 5 hari ini dilaksanakan mulai tanggal 28 April sampai dengan 2 Mei 2019 yang akan datang. Untuk mempersiapkan Pameran ini Dinas Kebudayaan dan Pemuda Kabupaten Klungkung utamanya petugas Museum Semarajaya Klungkung mulai Kamis (25/4) melakukan pembersihan seluruh benda benda pusaka utamanya keris keris yang ada tersimpan di Museum Semarajaya,Klungkung

Adanya kegiatan pembersihan benda benda pusaka seperti Keris ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pemuda Kabupaten Klungkung Nyoman Miudarta. Menurutnya keris keris warisan budaya leluhur ini akan ditelusuri jika masih ada benda benda ketis pusaka yang tersimpan entah dimana yang mungkin disakralkan.

“ Kita untuk pertama kalinya melaksanakan Pameran Keris di Museum Semarajaya. Nantinya akan kita telusuri kira kira dimana adanya keris keris pusaka sebagai warisan budaya dunia yang disakralkan keberadaannya kini,”ujar Nyoman Mudarta tegas.

Nantinya Pemkab Klungkung juga akan melaksanakan pameran atraksi pembuatan keris di Klungkung, karena Klungkung banyak memiliki kolektor keris maupun pecinta keris. Sebelumnya ada mahasiswa Pekerisan dari luar Bali yang mempertanyakan masalah keris ini di Klungkung.

“Kita akan inventarisir adakah keris keris pusaka yang masih disimpan kita akan inventarisasi keberadaannya disamping itu kita banyak memiliki kolektor dan pecinta keris ini ,” Terang mantan Guru ini optimis.

Lebih jauh menurutnya Museum Semarajaya yang ada di Klungkung ini sebagai bagian dari himpunan Museum(IMUSBA) ini ,untuk pertama kalinya menampilkan keris keris yang ada untuk dipamerkan nantinya .

Seperti diketahui Klungkung bakal menggelar gawe Pameran Keris serangkaian HUT Puputan KLungkung yang ke 111 ini. “ Saat ini ada sekitar 50 keris yang dibersihkan dulu untuk dipersiapkan sebagai pajangan keris di Pameran Keris nanti,”jelasnya.

Diharafkan dengan pergelaran Pameran Keris ini masyarakat Klungkung utamanya para kolektor Keris maupun Pencinta Keris baik yang berada di Klungkung maupun diluar Klungkung bisa menyaksikan keberadaan keris keris yang dipamerkan nantinya. Para generasi muda Milenial yang saat ini sepertinya melupakan warisan leluhur kita ini bisa tergugah untuk kembali mencintai keris sebagai bagian dari kasanah kekayaaan budaya nasional umumnya dan Bali khususnya. (Roni/bpn/tim)

- Advertisement -

Mobil Terguling di Renon, Tidak Ada Korban Jiwa

DENPASAR, balipuspanews.com-Mobil Honda HRV terguling di Jalan Cok Agung Tresna Renon, Denpasar, pada Senin (26/10/2020) sore. Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa...

Usut Praktik Jual Beli Senjata Ilegal ke Separatis Papua

JAKARTA, balipuspanews.com - Praktik jual beli senjata ilegal ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, yang melibatkan oknum anggota Brimob harus diselidiki secara tuntas...
Member of