Selasa, Juli 23, 2024
BerandaDenpasarKerja Sama Direktorat RTPM-Unwar Kenalkan Aplikasi BIMA

Kerja Sama Direktorat RTPM-Unwar Kenalkan Aplikasi BIMA

DENPASAR, balipuspanews.com
Dalam upaya memfasilitasi pelaksanaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2023 berbasis sistem secara online, Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi bekerja sama dengan Universitas Warmadewa menyelenggarakan Pelatihan dan Sosialisasi Aplikasi Basis Informasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (BIMA) di Prime Plaza Hotel Sanur, Selasa (26/9/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh para operator SIM BIMA dari berbagai institusi yang ada di lingkungan LLDIKTI Wilayah VIII. Adapun narasumber yang didatangkan yaitu dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Luthfi IlHam Ramdhani dengan materi Kebijakan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat serta pemberian materi Aplikasi Basis Informasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (BIMA) diberikan oleh Dudi Iskandar dan Bagus Fatwan Alhat dengan moderator akademisi Unwar Dr. Agus Darma Yoga Pratama, SS., M.Hum.

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., mengatakan BIMA yang dapat diakses secara online ini merupakan suatu sistem berbasis online yang mudah untuk diakses khususnya bagi para dosen pengusul baik itu penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan scheme yang dosen minati.

BACA :  PPN Pengambengan Bakal Menjadi Destinasi Wisata Perikanan

Dengan menggunakan username dan password, sambung rektor, mereka bisa mengunggah proposal, agenda monitoring dan evaluasi, sampai pengunggahan laporan bisa menggunakan sistem BIMA ini. Pada sistem ini juga akan terecord luaran-luaran berupa jurnal, proceeding, buku, macam-macam HAKI dan itu semua sesuai dengan tuntutan akreditasi.

Keberhasilan ini tidak lepas dari peran para operator di masing-masing institusi yang telah bekerja keras, yang mana hari ini diberikan pelatihan. Ia berharap peserta dapat memahami dengan baik sehingga bisa memfasilitasi dosen-dosen di institusinya sehingga target masing-masing institusi dapat tercapai.

Sementara Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diwakili Kepala Sub Tata Usaha Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kemendikbudristek RI Achmad Hadiansyah pada kesempatan tersebut mengatakan kegiatan ini merupakan acara yang sangat penting terkait dengan pelatihan dan sosialisasi kepada operator di dalam mengajukan proposal-proposal baik itu di penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

Aplikasi BIMA ini, lanjutnya, merupakan aplikasi yang memang dikembangkan di tahun 2022 untuk menggantikan Simlitabmas. Sistem ini dirancang berbasis web, lebih fleksible, ada cloud server untuk aplikasi dan data basednya sehingga ketika akses itu sampai 60.000 sampai 80.000 masih bisa dihandle.

BACA :  Bentengi Diri dari Tantangan Globalisasi dan Dinamika Politik dengan 4 Pilar MPR RI

“Diharapkan melalui acara ini, masukan-masukan atau hal-hal yang akan diimprove oleh kami direktorat RTPM akan membuat aplikasi ini menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular