Kamis, Maret 28, 2024
BerandaDenpasarKerjasama Promosi Budaya dan Ekonomi Kreatif

Kerjasama Promosi Budaya dan Ekonomi Kreatif

DENPASAR, balipuspanews.com – Kerjasama dalam bidang budaya dan ekonomi kreatif menunjang ekonomi serta pariwisata kembali datang dari negara Afrika. Kali ini Duta Besar RI untuk Zimbabwe, Dewa Made Juniarta Sastrawan hadir di Pemkot Denpasar, Kamis (16/1) diterima langsung Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra, serta OPD terkait Pemkot Denpasar.

Kehadiran Dubes RI, Dewa Made Juniarta Sastrawan tidak terlepas dari prestasi yang telah diraih Pemkot Denpasar dalam berbagai bidang. Disamping itu komitmen Walikota Rai Mantra dan Wakil Walikota I GN Jaya Negara dalam perlindungan budaya, serta sangat efektif sekali dalam penguatan budaya. Seperti penataan Jalan Gajah Mada, Taman Kumbesari Tukad Badung yang perlu kita tiru dan kita promosikan. Disamping itu mendukung promosi pembangunan masa depan lewat pembangunan tempat kreatif Dharma Negara Alaya (DNA) yang perlu kita promosikan. Terlebih Denpasar telah melakukan kerjasama dengan Afrika yang nantinya dapat lebih memperkuat kerjasama dimasa depan di negara-negara Afrika. Keberadaan produk UKM Denpasar juga menurut Dewa Made Juniarta Sastrawan telah menjadi produk global. Diharapakan produk ini dapat berkembang yang telah dimiliki program dari Walikota Rai Mantra dalam balutan Orange Ekonomi Pemkot Denpasar. disamping itu ada program interpreneurship yang berkembang melalui pemanfaatan bonus demografi Denpasar. sehingga yang kita jual dan promosikan di Afrika tidak hanya produk tapi bagaimana proses produk itu dibuat, seperti pelatihan, pemasaran serta melalui penjualan produk kerajinan hingga pertanian yang nantinya mampu membuat Denpasar menuju Global bersama masyarakat melalui produk kreatifnya.

BACA :  Kominfo Ajak Masyarakat Rajut Harmoni Bersatu Membangun Negeri Pasca Pemilu Damai

“Kerjasama bagaimana program yang telah berhasil di Kota Denpasar ini yang perlu kita promosikan terlebih saat ini dalam pengembangan pembangunan masa depan yang ada di DNA,” ujarnya, sembari mengatakan melalui kerjasama ini dapat mampu membuat Denpasar mampu lebih maju menjadi kota Heritage dan global.

Sementara Walikota Rai Mantra menyambut baik langkah kerjasama ini yang nantinya mampu dibahas dengan keterlibatan dan keberimbangan komunikasi. Kerjasama antar kota dijelaskan Rai Mantra telah dilakukan Pemkot Denpasar. seperti dengan Kota Mossel Bay lewat kunjungan delegasi Mossel Bay di Graha Sewaka Dharma Lumintang tahun lalu di Sewaka Dharma dalam reformasi birokrasi. Langkah ini juga telah kita teruskan bersama kepada univarsitas-universitas yang ada di Kota Denpasar. Hal ini juga tidak terlepas nantinya mampu membangun kolaborasi antara akademisi, komunitas dan Coorporate Social Responsibility (CSR) di Denpasar.

Dalam hal ini telah dibangun DNA sebagai ruang pembangunan kreatifitas anak-anak muda Denpasar, dapat dimanfaatkan akademisi, hingga komunitas. “Membangun DNA untuk membangun kolaborasi universitas, komunitas dan CSR berkolaborasi dengan ambisi jangka panjang serta mampu menjadi pembangunan kreatifitas,” ujarnya. Dengan adanya DNA ini mampu menciptakan inovasi yang menantang, dengan konsep orange ekonomi yang harus di kembangkan. Karena pertumbuhan ekonomi dunia tidak terlepas dari konsep orange ekonomi yang tidak terlepas dari orang Bali sudah mengenal konsep ini dengan melakukan sentuhan globalisasi yang mampu memberikan pertumbuhan ekonomi tanpa menghilangkan identitas Bali itu sendiri.

BACA :  Edan, Gadai Emas Pacar, Uangnya Malah Dibagikan ke Pacar

Dalam kesempatan tersebut Dubes RI, Dewa Made Juniarta Sastrawan bersama rombongan juga berkesempatan meninjau DNA Denpasar yang berlokasi di Lumintang Denpasar. (rls/bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular