Books on books. Image: Toby Hudson.
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Badung, balipuspanews.com – Ada-ada saja kiat orang untuk menjadi pengusaha. Setiap peluang yang ada dibidik. Kertha Book Shop, misalnya, melayani wisatawan asing dari manca negara. Kertha Book Shop  terletak di kawasan wisata Kuta-Badung yang banyak dikunjungi wisatawan. Ni Luh Putu Umbari Mudayani adalah pemilik sekaligus pengelola toko buku  yang menjual buku-buku bekas berbahasa asing ini.

Di tempat liburan tamu-tamu perlu bacaan novel-novel hiburan. Kertha Book Shop menjual buku-buku bekas berbahasa Inggris, Perancis, Italia, Belanda, Swedia dan Jepang. Bisnis buku-buku bekas meraup keuntungan yang lumayan. Para pelancong dapat menukar buku dengan buku bekas yang lain yang dipajang di rak-rak oleh Kertha Book Shop.

Karena telah menjadi buku bekas tentu saja Kertha Book Shop menjual lebih murah dibandingkan dengan buku baru. Buku impor yang masih baru menjadi sangat mahal karena dikenai bea masuk oleh pabean. Toko buku baru perlu modal yang tidak sedikit. Nyatanya dengan kerja keras, ketekunan dan keuletan yang luar biasa pemilik dan pengelola Kertha Book Shop bisa bertahan di tengah-tengah ketatnya persaingan toko buku bekas sejenis.

Ni Luh Putu Umbari Mudayani berhasil menghidupi rumah tangganya  dari berjualan buku-buku bekas berbahasa asing. Perempuan separuh baya ini adalah lulusan sekolah SMAK Swastyastu Denpasar. Kertha Book Shop miliknya yang dikelolanya sendiri bisa mendapatkan sedikit gemerincing dollar dari  kawasan wisata Kuta yang padat penghuni ini. Walaupun kadang-kadang lesu.

Penulis : I Wayan Budiartawan

 

 

Advertisement

Tinggalkan Komentar...