Perwira Penghubung Kodim 1611/Badung Mayor Inf Putu Sukadana memberikan ceramah kepada masyarakat Desa Pangsan
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Badung, balipuspanews.com – Kesadaran  berbangsa dan bernegara pada zaman sekarang ini, sangat perlu ditanamkan dalam kehidupan sehari – hari di era yang  modern ini.

Terkait dengan ini, maka Perwira Penghubung Kodim 1611/Badung Mayor Inf Putu Sukadana memberikan ceramah kepada masyarakat Desa Pangsan, dalam rangka kegiatan Non-Fisik TMMD ke -101 Kodim 1611/Badung yang memiliki tugas pembinaan teritoral kewilayahan dapat memberikan pengetahuan Kesadaran Berbangsa dan bernegara.

Pada kesempatan ini, Perwira Penghubung Mayor Inf Putu Sukadana menuturkan, “Dalam setiap kehidupan bermasyarakat, kesadaran akan berbangsa dan bernegara mempunyai arti yang sangat penting, bahkan dapat dikatakan menempati posisi sentral, artinya kesadaran akan berbangsa dan bernegara mempengaruhi berbagai aspek kehidupan lainnya.”

Menurut dia, berbangsa adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat atau  orang-orang yang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa, sejarah, dan pemerintahan. Sedangkan berbangsa adalah manusia yang mempunyai landasan etika, bermoral, dan berakhlak mulia dalam bersikap mewujudkan makna sosial dan adil.

Negara adalah suatu organisasi dari sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang bersama-sama mendiami suatu wilayah tertentu dan mengakui adanya satu pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia.

“Sedangkan bernegara adalah manusia yang mempunyai kepentingan yang sama dan menyatakan dirinya sebagai satu bangsa serta berproses di dalam satu wilayah nusantara dan mempunyai cita-cita yang berlandaskan niat untuk bersatu secara emosional dan rasional dan berperan aktif dalam membangun bangsa itu sendiri berdasarkan 4 konsensus kehidupan bernegara  dan berbangsa,” ucap Mayor Inf Putu Sukadana.

Sementara itu, Perbekel Desa Pangsan I Nyoman Raka Tri Sukarya menyambut baik kegiatan yang di lakukan oleh Kodim 1611/Badung yang merupakan rangkaian kegiatan Non fisik TMMD ke – 101, sehingga warga Desa Pangsan lebih mengerti dan sadar akan pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara.

Dia mengatakan, di samping itu warga juga mendapatkan pengetahuan tambahan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari dalam pengabdian berbangsa dan bernegara begitu juga dapat dijadikan bimbingan kepada generasi penerus dan tak lupa mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya maupun berharap kegiatan ini dapat di laksanakan secara rutin. (bp)

Tinggalkan Komentar...