Kesadaran Warga Gianyar Menggunakan Pupuk Organik Meningkat Dimasa Pandemi

Pupuk Organik.
Pupuk Organik.

 

GIANYAR, balipuspanews.com- Kesadaran warga Kota Seni Gianyar menggunakan pupuk organik mulai tumbuh. Ini diketahui dari meningkatnya penggunaan pupuk organik dimasa pandemic Covid- 19.
Kadis Pertanian Kabupaten Gianyar, I Made Raka, Selasa (20/10/2020) membenarnya adanya peningkatan penggunaan pupuk organik.

“ Penggunaan pupuk organik di masa pandemi Covid-19 ini meningkat, beberapa demplot baik tanaman pangan holtikultura, bantuan pemerintah maupun swadaya sudah memakai pupuk organik,” ujarnya.

Menurut Made Raka, mulai tumbuhnya kesadaran petani untuk memakai pupuk organik ini karena menyadari banyaknya manfaat yang sangat baik oleh penggunaan pupuk organik.

“ Pupuk organik sangat bermanfaat bagi peningkatan produksi pertanian baik kualitas maupun kuantitas, mengurangi pencemaran lingkungan, dan meningkatkan kualitas lahan secara berkelanjutan. Ini tentu saja akan berdampak baik bagi para petani,” katanya.

Selain itu, penggunaan pupuk organik ini juga dapat meningkatkan produktivitas lahan.

“ Penggunaan pupuk organik dalam jangka panjang dapat meningkatkan produktivitas lahan dan dapat mencegah degradasi lahan,” ucap Made Raka.

Sedangkan salah satu petani sayur di wilayah Samplangan Gianyar, I Made Derta mengatakan, bahwa dirinya sudah lama menggunakan pupuk organik untuk tanamannya.

“ Tiang sudah cukup lama menggunakan pupuk organik ini, selain katanya manfaatnya juga baik ternyata harganya cukup murah,” katanya.

Bahkan sejak menggunakan pupuk organik ini, kualitas sayur yang dihasilkannya jauh lebih baik.

“ Daripada menggunakan pupuk kimia, menggunakan pupuk organik ini jauh lebih baik,” tandasnya.

PENULIS : Ketut Catur
EDITOR : Oka