Tim penilai dari Provinsi bali saat tiba di Desa Bona Blahbatuh Gianyar, Kamis (14/11/2019).
sewa motor matic murah dibali

GIANYAR,  Balipuspanews.com – Desa Bona Blahbatuh Gianyar dinilai tim penilai lomba Kesatuan Gerak (KG) PKK, Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga Kesehatan (KKBPK) dan BBGRM tingkat provinsi tahun 2019. Tim penilai yang dipimpin oleh Sekretaris TP.PKK Provinsi Bali, Ni Made Suastini diterima oleh Wakil Bupati Gianyar A.A Gde Mayun, didampingi Ketua TP.PKK Kab. Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra beserta pejabat terkait di Wantilan Pura Puseh Desa Bona, Kamis (14/11/2019).

Wabup. Agung Mayun pada kesempatan itu mengatakan seperti diketahui bersama, keberadaan PKK tidak bisa dipisahkan dengan pemerintah dalam menjalankan program-program pemberdayaan keluarga. Usaha yang tertuang dalam 10 program pokok PKK memang diimplementasi  untuk meningkatan kesejahteraan keluarga.

Ditambahkan, lomba ini juga sebagai usaha untuk lebih meningkatkan rasa gotong royong masyarakat, dalam menghadapi lomba. Namun Wakil Bupati Gianyar ini juga menegaskan, lomba ini tidak semata-mata mengejar juara saja, namun lebih pada kelanjutan kedepannya. Bagaiamana kelanjutan setelah lomba, jangan sampai kader PKK hanya semangat saat lomba, namun setelahnya adem ayem.

“ Saya tidak ingin hanya semangat saat menghadapi lomba saja, namun apa yang menjadi program-program dalam 10 Program pokok PKK dapat dimplementasi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu saya sangat berharap agar mampu menampilkan yang terbaik, karena usaha yang terbaik pasti akan menghasilkan yang terbaik juga,” tegas Wabup. Agung Mayun.

Sementara itu, Sekretaris TP.PKK Provinsi Bali Ni Made Suastini menegaskan agar pelaksanaan PKK senantiasa dapat terlaksana untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera. Ni Made Suastini juga menyampaikan, penilaian lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan, dan lomba PKK dalam rangka HKG PKK tingkat Provinsi Bali terdiri dari sembilan jenis perlombaan.  Adapun perlombaan dari gerak PKK- KKBPK-Kesehatan terbagi menjadi empat jenis perlombaan yaitu  lomba PKK-KKBPK- Kesehatan, Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat, Lomba Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), dan lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga. Sedangkan untuk lomba PKK dalam rangka HKG dan Jambore terdiri dari Lomba Tertib Administrasi, Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K-PKK), Lomba Pemanfaatan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya PKK), dan Lomba Visual dengan Asam Asetat ( IVA Test). Dengan kriteria tiga indikator berupa indikator input, indikator proses dan indikator output.

Sementara itu, Ketua TP.PKK kab. Gianyar Ny. Adnyani Mahayastra mengatakan program yang dilaksanakan TP.PKK kab. Gianyar tentunya telah bersinergi dengan perangkat daerah, mengacu pada program pembangunan Kabupaten Gianyar. Dan pihaknya secara rutin telah melakukan pembinaan, dimana tujuannya sebagai evaluasi 10 program pokok PKK untuk menumbuhkan motivasi dan penguatan kelembagaan serta pemberdayaan masyarakat dan kemandirian dalam melaksanakan 10 program pokok PKK guna membangun masyarakat sejahtera.

Untuk lomba kali ini, untuk  pelaksana terbaik pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta kasih dan sayang  dalam keluarga diwakili oleh Desa Petulu, Ubud, sedangkan untuk pelaksana terbaik kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan diwakili oleh Desa Ketewel Sukawati. Dan sisanya diwakili oleh Desa Bona Blahbatuh Gianyar.(catur/bpn/tim).