Pelangkiran digantungi sampah

Karangasem, balipuspanews.com – Tidak hanya jamer saja yang selalu menjadi penganggu ketika para relawan Pasebaya menyanpaikan informasi dan edukasi kepada warga masyrakat yang berada dilingkar Gunung Agung melalui Frekwensi radio.

Belakangan, posko pemantauan yang didirikan secara swadaya oleh para relawan juga menjadi sasaran oleh oknum tak bertanggung jawab. Seperti Pos Pemantauan yang berada di Batusesa, Rendang, Karangasem. Pada Senin pagi (20/08) sekitar pukul 10.00 wita, relawan mendapati banyak sampah berserakan didalam posko.

Tidak hanya dibagian lantai, oknum yang tidak diketahui identitasnya tersebut bahkan menggantung sejumlah sampah dipelangkiran yang ada diposko tersebut. Aksi ini bisa dikatakan sudah melewati batas, jika sampah sebatas ditebarkan di lantai masih bisa ditoleril namun plangkiran yang notabene sebagai tempat menghaturkan banten sampai digantungkan sampah seperti itu rasanya sungguh sangat keterlaluan.

I Wayan Nuarta salah seorang relawan Pasebaya yang bertugas melakukan pemantauan dari Posko tersebut juga mengaku kaget atas apa yang dilakukan oleh oknum yang tidak diketahui identitasnya tersebut.

Padahal, selama ini menurut Nuarta sejak dibuatnya posko pemantauan tersebut tidak oernah ada masalah dengan siapapun bahkan warga mendukung dibangunnya posko tersebut.

“Sebelum kejadian kebetulan tidak ada yang jaga karena situasi sedang landai. Selama ini tidak pernah ada nasalah atas berdirinya posko tersebut,” kata Nuarta kepada media ini (21/08).

Aksi tak terpuji tersebut juga sangat disayangkan oleh Sekretaris Pasebaya, I Wayan Suara Arsana. Menurutnya kelakuan oknum ini dengan mengantung sampah dipelangkiran sanhat kurang etis dan tidak berahalak namanya.

“Ini sudah sangat kurang etis dan tidak berahalak namanya,” ujarnya

Dirinya berharap, siapun pelaku penebar sampah ini, jangan sampai mengulanginya kembali lagi, jika pelakunya sampai diketahui dan merupakan orang hindu pula maka hendaknya harus merasa malu jika umat hindu sampai berbuat seperti itu. (rls/bpn/tim)