Sabtu, April 20, 2024
BerandaNasionalJakartaKetua MPR Minta Kemenkes Beri Dukungan Dinkes Bali Tangani Covid-19

Ketua MPR Minta Kemenkes Beri Dukungan Dinkes Bali Tangani Covid-19

JAKARTA, balipuspanews.com- Kementerian Kesehatan diminta memberikan dukungan untuk penanganan pandemi Covid-19 di provinsi Bali. Permintaan tersebut menyusul masih tingginya angka kematian akibat Covid-19 di wilayah dengan sebutan Pulau Seribu Pura itu.

Penegasan disampaikan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyusul perkembangan Covid-19 di Bali, Yogyakarta, Malang Raya, dan Solo Raya masih menjadi daerah dengan angka kematian Covid-19 tertinggi hingga saat ini.

“Meminta Kementerian Kesehatan memberikan dukungan kepada Dinas Kesehatan di empat daerah tersebut untuk meningkatkan kinerja dan mengevaluasi sistem penanganan ataupun perawatan pasien Covid-19 di setiap fasilitas kesehatan khususnya Rumah Sakit, sehingga dapat menekan atau menurunkan tingginya angka kematian di empat daerah tersebut,” ucap Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (4/8/2021).

Bamsoet juga meminta kementerian terkait memberikan perhatian khusus kepada empat daerah tersebut dengan meningkatkan upaya-upaya penanganan pasien Covid-19, seperti dengan menambah pusat isolasi terpusat di daerah dengan angka kematian yang tinggi.
“Disamping melakukan kontrol melalui dokter puskesmas bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri sehingga dapat terpantau perkembangan kesehatannya,” imbuhnya.

BACA :  Security Tangkap Pelaku Pencurian Helm di Plaza Renon

Pemerintah pusat juga diminta segera membentuk task force yang melibatkan TNI-Polri yang nantinya satuan ini akan bertugas menjemput para pasien yang isoman untuk dibawa ke tempat isolasi terpusat, agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Mengingat, banyaknya kasus pemburukan kondisi pasien pada saat isoman di rumah.

Bamsoet juga berharap komitmen Kementerian Kesehatan, Satgas Penanganan Covid-19 dan para pihak terkait dalam penanganan pandemi untuk terus berupaya menekan angka kasus aktif maupun kasus kematian dengan menetapkan kebijakan-kebijakan yang tepat namun tetap pro rakyat, sehingga dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi rakyat.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung dan terlibat aktif dalam setiap kebijakan ataupun program penanganan pandemi Covid-19, salah satunya program vaksinasi Covid-19.

“Mengingat, sampat saat ini vaksin Covid-19 terbukti menurunkan risiko gejala berat hingga kematian pada pasien Covid-19 yang telah divaksin,” tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers, Senin (2/8/2021) menyatakan empat daerah mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat karena tingginya jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19, positivity rate, dan kematian.

BACA :  Diduga Alami Slip Ban, Pengendara Motor Meninggal Usai Hantam Mobil Box

Keempat daerah tersebut meliputi Bali, Malang Raya, DIY, dan Solo Raya.

“Ada beberapa daerah yang memang dibutuhkan perhatian khusus karena masih tingginya jumlah kasus terkonfirmasi, positivity rate, dan jumlah kematian warganya, seperti Bali, Malang Raya, DIY, dan Solo Raya,” ucap Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan.

Penulis : Hardianto
Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular