Ketua PBNU KH Said Agil Siraj saat menunjungi program TOSS KLungkung
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Semarapura,balipuspanews.com– Program Tempat Olah Sampah Setempat ( TOSS) yang digagas Pemkab Klungkung benar- benar menarik perhatian tokoh nasional. Kali ini giliran ketua umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) KH. Said Aqil Siradj yang datang melihat langsung cara kerja TOSS  di PPLT Lepang, Takmung, Klungkung  Minggu ( 22/7) 2018.

Kedatangan Kyai asal Cirebon itu disambut oleh bupati Klungkung Nyoman Suwirta, Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan AA Ngurah Kirana.

Dalam kunjungannya Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Bupati Suwirta menyampaikan proses terciptanya TOSS yang bermula dari kunjungannya ke STT PLN Jakarta melalui tahapan survey, analisa, uji coba, hingga sosialisasi. Maka dari itu, STT PLN dan Pemkab Klungkung mengadakan kerjasama yang dalam implementasinya kemudian diberi nama program Tempat Olah Sampah Sementara (TOSS) Gema Santi hingga sekarang masuk nominasi Top 99 Inovasi Pelayanan Publik.

Sementra itu, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj mengapresiasi program TOSS yang digagas Pemkab Klungkung. Menurutnya, ditingkat pusat TOSS baru sebatas program perencanaan, namun di Kabupaten Klungkung TOSS sudah mulai dan berjalan baik. Ia berharap program ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain, khususnya dalam pengolahan sampah.

“Saya sangat kagum, sangat respect dengan TOSS ini. Ini semua merupakan kreatifitas Bapak Bupati Klungkung yang tidak pernah lelah, tidak pernah berhenti melakukan inovasi diberbagai hal,” ujar Ketua PBNU Said Aqil Siradj.(roni/bas)

Advertisement

Tinggalkan Komentar...