Daun kelor
Daun kelor
sewa motor matic murah dibali

KESEHATAN, balipuspanews.com – Dunia tak selebar daun kelor. Pasti Anda pernah kan, mendengar peribahasa tersebut? Ya, peribahasa tersebut mengajak orang untuk tidak berputus asa karena pasti ada jalan dari setiap masalah, sebab dunia tidaklah selebar daun kelor yang memang ukurannya sangat kecil. Daun kelor sendiri termasuk dalam suku moringaceae dan memiliki nama ilmiah Moringa oleifera.

Tanaman kelor bisa tumbuh dengan mudah di daerah tropis seperti Indonesia dan beberapa negara sub tropis yang berada di kawasan Asia Selatan. Di Indonesia, daun kelor sering dikonsumsi untuk makanan dan obat-obatan.

Tanaman kelor ini memiliki tinggi 7 hingga 11 meter dengan batang yang kurus dan arah cabangnya tegak. Tangkainya panjang dengan daun beranak gasal yang berwarna hijau terang. Sejak tahun 1980-an, tanaman kelor ini ternyata telah banyak diteliti oleh tim dari seluruh dunia. Kesimpulannya, semua penelitian menunjukkan kalau daun kelor memiliki manfaat yang sangat besar seperti berikut ini:

1. Obat Stres

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Pharmacology and Pharmacodynamics disebutkan jika daun kelor adalah salah satu tanaman terbaik untuk mengatasi stres. Mengapa demikian? Sebab pada daun kelor terdapat adaptogen alami yang bisa melindungi tubuh dari efek racun akibat stres. Saat ini juga sudah banyak suplemen yang terbuat dari ekstrak daun kelor dan ditujukan untuk dikonsumsi secara rutin supaya bisa menghindari stres.

2. Baik untuk Mengatasi Diabetes

Anda yang sakit diabetes pasti tahu betapa repotnya menjaga kadar gula darah supaya tetap seimbang. Nah, cobalah untuk mengonsumsi daun kelor ketika kadar gula darah Anda sedang naik. Dari sebuah penelitian diketahui kalau 50 gram daun kelor yang dikonsumsi bisa mengurangi gula darah sampai dengan 21 persen. Dianjurkan untuk penderita diabetes mengonsumsi daun kelor ini secara teratur baik dalam bentuk suplemen maupun secara segar. Daun kelor juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Mencegah Peradangan

Apabila Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan dan rentan terkena cedera, maka daun kelor adalah obat terbaiknya. Di dalam daun kelor terkandung anti inflamasi yang berfungsi mengurangi peradangan yang terjadi. Tahukah Anda, peradangan yang terus dibiarkan dan tidak diobati dengan tepat bisa memicu terjadinya penyakit jantung dan kanker yang sangat mematikan. Selain itu, daun kelor juga kaya akan antioksidan yang bisa membantu memerangi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Tingginya radikal bebas dapat memicu stres dan penuaan dini pada kulit serta rambut.

4. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat daun kelor yang sangat dikagumi oleh banyak peneliti adalah kemampuannya untuk mencegah kanker. Dalam daun kelor terdapat sel yang bisa memecah bibit kanker dalam tubuh manusia. Hal ini menjadikan daun kelor berfungsi sebagai pencegah kanker secara alami dan bisa menghambat pertumbuhan sel kanker di stadium awal.

Selain manfaat-manfaat tersebut, ternyata ada juga manfaat daun kelor untuk mata. Kandungan di dalam daun kelor bisa membantu mempertajam penglihatan bagi penderita mata minus dan rabun senja. Jika dikonsumsi secara teratur, penglihatan akan menjadi lebih baik dan jernih. Selain itu, daun kelor juga bisa mencegah penyakit mata berkat tingginya kandungan vitamin A di dalamnya. Katarak, rabun dekat, dan rabun jauh bisa diatasi dengan daun kelor yang kaya kandungan retinol. Retinol ini nantinya akan bekerja di batang retina dan menjadikan visibilitas mata lebih baik.

Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat daun kelor untuk mata, cobalah lakukan pengobatan dengan cara berikut. Pertama, siapkan daun kelor yang sudah dicuci sampai bersih dan dipisahkan dari batangnya. Kemudian haluskan daun kelor tersebut bisa menggunakan blender atau alu. Jika daun kelor sudah halus, Anda bisa menambahkan satu gelas air ke dalamnya. Biarkan larutan tersebut berada di dalam gelas dan jangan diaduk. Setelah beberapa menit, ampas dari daun kelor yang sudah dihaluskan akan mengendap di bagian bawah gelas. Nah, air yang berada di bagian gelas bisa dipakai sebagai obat tetes mata.

Selain untuk mata, ada pula manfaat daun kelor untuk kecantikan. Ya, Anda belum pernah mendengar kan, kalau daun kelor ini ternyata sangat berkhasiat dalam menjaga kulit wajah? Yuk, simak beberapa manfaatnya berikut ini:

5. Mencegah Penuaan Dini

Memasuki usia 30-an banyak wanita yang khawatir dengan munculnya kerutan pada wajah. Nah, daun kelor ini ternyata bisa membantu melawan radikal bebas dan mengatasi masalah kulit termasuk juga keriput dan garis halus. Untuk mencegah penuaan dini pada kulit, Anda bisa menjadikan daun kelor yang sudah dihaluskan sebagai masker dan didiamkan selama beberapa saat pada wajah. Daun kelor ini juga sangat ampuh untuk menghaluskan kulit.

6. Mencegah Bibir Pecah-pecah

Bibir yang kering dan pecah-pecah memang tidak akan terlihat cantik saat mengenakan lipstik. Nah, daun kelor yang ditumbuk bisa menghasilkan minyak alami yang baik sekali untuk melembapkan bibir. Cara menghaluskan bibir dengan daun kelor ini sangat mudah, Anda tinggal menumbuk daun kelor sampai benar-benar halus tanpa menggunakan air. Nanti akan keluar minyak dari daun kelor dan bisa Anda oleskan di bibir setiap malam hari. Di pagi harinya, Anda akan mendapati bibir lebih lembap dan kenyal.

7. Mencerahkan Warna Kulit

Hmm, setiap wanita tentu ingin mendapatkan kulit yang bersih dan cerah bercahaya. Namun sayangnya, noda hitam dan bekas jerawat selalu menghantui. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memakai masker daun kelor yang akan membantu menghilangkan noda hitam dan flek-flek sehingga warna kulit terlihat lebih cerah. Tak cuma itu saja, daun kelor ternyata juga ampuh untuk mengatasi jerawat. Ketika jerawat sedang meradang dan warnanya memerah, pasti terasa sangat nyeri. Aplikasikan masker daun kelor yang bisa mengatasi peradangan sehingga jerawat cepat mengempes.

8. Sebagai Detoks Tubuh

Kalau Anda sudah mencoba berbagai macam produk anti jerawat tapi masalah satu ini masih belum terpecahkan, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh darah kotor. Untuk melakukan detoksifikasi, Anda bisa mengonsumsi daun kelor yang dijadikan sayur atau meminum sarinya yang sudah dijus. Kandungan di dalam daun kelor akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh sehingga Anda pun bebas dari berbagai masalah kulit.

9. Membuat Pori-pori Lebih Halus

Apabila Anda ingin memiliki kulit selembut para aktris Korea, cobalah untuk menjadikan daun kelor sebagai masker. Daun kelor ini memiliki kemampuan untuk mengecilkan pori-pori sehingga wajah terlihat lebih mulus dan make up yang digunakan akan menempel dengan sangat baik.

Daun kelor ini bisa sangat mudah ditumbuhkan sendiri di rumah tanpa perawatan khusus. Tapi Anda juga bisa mendapatkannya dalam bentuk suplemen dan produk lainnya. Selamat mencoba! (detikhealt)

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here