Senin, Juni 17, 2024
BerandaKarangasemKhawatir Kerusakan Alam, Seniman Sampaikan Pesan Lewat Body Painting

Khawatir Kerusakan Alam, Seniman Sampaikan Pesan Lewat Body Painting

KARANGASEM, balipuspanews.com – Sejumlah seniman di Karangasem mencoba mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga alam beserta isinya melalui media gambar atau lukisan.

Menariknya, lukisan – lukisan bertemakan alam yang mereka buat itu menggunakan manusia sebagai media kanvasnya atau dikenal dengan seni melukis tubuh (Body Painting).

Selaku penggagas kegiatan tersebut, Dalbo Suarimbawa mengaku merasa cukup khawatir atas kondisi alam dan keberlangsungan isi didalamnya, pasalnya ditempat yang terlihat masih begitu asri, ternyata beberapa jenis burung sudah cukup sulit ditemukan.

“Kami ingin mengingatkan kembali bahwa alam sekitar perlu dijaga. Seperti di Banjar Adat Janglap ini, terlihat masih asri namun ternyata sudah ada beberapa habitat burung yang jarang sekali ditemui, oleh karena itu visualisasi yang diterapkan pada seni tubuh ini bertemakan burung dan alam,” ujarnya disela – sela aksi yang berlangsung di sepanjang jalan Banjar Adat Janglap, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem, pada Minggu (17/12/2023).

Ia berharap, melalui aksi ini nantinya mampu memberikan sumbangsih pada alam sekitar serta menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan perburuan liar terhadap ayam hutan, burung maupun beberapa jenis habitat lainnya.

BACA :  Dalam Waktu Dekat Polresta Beberkan Tersangka Kebakaran Gudang Gas Jalan Cargo

Sementara itu, disamping untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat, alasan Dalbo memilih body painting sebagai media lukis juga sebagai langkah untuk menggali potensi seniman lokal.

Penulis: Gede Suartawan

Editor: Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular