Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaKarangasemKhusus Sampah Plastik, Puluhan Buis Terpasang Dijalur Objek Wisata Pemukuran

Khusus Sampah Plastik, Puluhan Buis Terpasang Dijalur Objek Wisata Pemukuran

KARANGASEM, balipuspanews.com – Disepanjang jalan menuju objek wisata Pemukuran yang berada di Dusun Dukuh, Desa Sibetan, Bebandem Karangasem dipasangi puluhan buis.

Puluhan buis tersebut nantinya akan dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah khusus sampah jenis plastik baik oleh warga maupun wisatawan yang berkunjung kelokasi agrowisata salak Dukuh lestari dan Objek wisata Pemukura.

Menurut Kepala Wilayah Dusun Dukuh, I Komang Eddy Saputra. Ada sekitar 50 buis yang telah dipasang. 10 buah diantaranya merupakan suadaya dari warga setempat sementara 40 buis sisanya merupakan sumbangan dari pihak suwasta.

“Pemasangan sarana prasarana berupa buis ini juga sebagai pendukung untuk menunjang Desa Dukuh bebas sampah plastik dan program Desa Adat Sibetan dan mendukung Pergub Bali,” ujarnya.

Disamping menunjang berbagai program tersebut, pemasangan buis sebagai tempat sampah disepanjang jalan Dusun Dukuh ini juga bertujuan untuk mengedukasi serta membiasakan warga masyarakat agar tidak membuang sampah plastik sembarangan.

“Untuk mengubah pola pikir masyarakat tidak cukup dengan saran dan pesan saja, jika tanpa ada sarana tempat sampah maka semua itu akan menjadi mubasir,” tutur Komang Edi.

BACA :  Pengelukatan Toya Jinah di Banjar Pedukuhan, Rendang, Karangasem Dipercaya Bisa Memberi Rejeki dan Kemakmuran

Buis – buis tersebut khusus diperuntukan untuk tempat membuang sampah plastik dam sejenisnya yang tidak bisa terurai dengan tanah. Hal ini memang disengaja dengan pertimbangan apabila sampah organik bisa dibuang kekebun salak sebagai pupuk.

Sementara itu, pemasangan puluhan buis ini juga menurur Komang Edi mendapat respon yang baik dari masyarakat bahkan warga malah meminta agar pemasangan buis ini diperbanyak lagi agar bisa menjangkau seluruh wilayah Dukuh. (Rls/bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular