Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

SINGARAJA, balipuspanews.com – Ketut Ardani (68) sangat merasakan manfaat menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Ibu rumah tangga kesehariannya berjualan makanan di warung kecil miliknya itu, sangat sadar akan pentingnya menjadi peserta JKN-KIS.

Ardani mengaku pertama kali mendaftar program JKN-KIS kelas satu itu, untuk proteksi jaminan kesehatannya dan keluarga saja. Tak pernah terpikir olehnya bahwa iuran yang dibayarkannya setiap bulan juga akan banyak membantu peserta lain yang membutuhkan.

“Menjadi pahlawan pada jaman ini, tidak perlu berjuang heroik seperti zaman dulu, cukup menampilkan aksi nyata yang memberikan manfaat bagi sesama, baik di lingkungan keluarga, lingkungan tempat kerja, hingga masyarakat sekitar,” kata Ardani belum lama ini.

Menurutnya, program JKN-KIS selain  melindungi dirinya apabila sakit, ia juga telah berkontribusi untuk menolong peserta lain yang sedang sakit melalui iuran yang kita bayarkan setiap bulannya.

 

“Malu jika telat bayar iuran bulanan. Apalagi tidak bayar iuran, lebih malu lagi. Saya berusaha selalu rutin bayar iuran, sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Karena saya rasa ini sudah kewajiban saya sebagai peserta,” terangnya.

Ardani pun menceritakan sedikit pengalamannya saat menggunakan JKN-KIS tersebut.

“Saya memang pernah menggunakan kartu ini saat saya opname di salah satu rumah sakit yang ada di kota Singaraja, saat itu saya terserang maag dan harus menjalani rawat inap. Pelayanan yang saya dapatkan sangat baik. Tidak ada perbedaan pelayanan sedikitpun yang saya rasakan antara pasien umum dengan pasien peserta JKN-KIS,” ungkapnya.

Melihat manfaat itu, hingga kini dirinya belum pernah menunggak iuran, sebesar Rp 80 ribu setiap bulannya.

Ardani lantas mengajak masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, untuk segera mendaftarkan diri.

“Menjadi peserta JKN-KIS sangat penting dan memberikan beragam bermanfaat. Saya salut dengan program JKN-KIS ini karena dapat membiayai segala jenis penyakit. Tidak perlu tunggu sakit dulu, justru kita harus mendaftar sebelum sakit,” pungkasnya.

 

Ardani pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah mencanangkan program JKN-KIS, khususnya kepada BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program dan fasilitas kesehatan yang telah memberikan pelayanan dengan baik. Semoga Program JKN-KIS ini kedepannya semakin memberikan manfaat bagi masyarakat karena banyak masyarakat yang tertolong dari program JKN-KIS.

Advertisement
Loading...

Tinggalkan Komentar...