Jumat, Februari 23, 2024
BerandaKarangasemKKP Padangbai Intensifkan Pengawasan Penumpang Antisipasi Virus Cacar Monyet

KKP Padangbai Intensifkan Pengawasan Penumpang Antisipasi Virus Cacar Monyet

KARANGASEM, balipuspanews.com– Pengawasan pintu masuk Bali melalui Pelabuhan Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem diperketat untuk mengantisipasi masuknya virus cacar monyet (Monkeypix).

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilayah Kerja Padangbai, Putu Suardiana, Kamis (25/8/2022) mengatakan, dalam rangka cegah tangkal dan deteksi dini terkait perkembangan virus cacar monyet, pihaknya kini lebih mengintensifkan pengawasan serta inten berkordinasi dengan pihak terkait seperti KSOP, KP3, Nahkoda bahkan dengan ABK kapal.

“Disini selain pengawasan langsung, kami juga didukung oleh KSOP, KP3 dan juga nahkoda serta ABK kapal untuk membantu pengawasan, apabila ada penumpang yang sakit agar sesegera menginformasikan ke pihak KKP, ” ujar Suardiana.

Selain itu, Suardiana juga meminta dukungan dari masyarakat, apabila sedang sakit agar menunda dahulu untuk melakukan perjalanan demi keselamatan dan kesehatan bersama.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, dr. I Gusti Bagus Putra Pertama mengatakan, terkait dengan kesiapsiagaan, kewaspadaan dini dan respon untuk mengantisipasi virus cacar monyet (monkeypix) pihaknya melakukan sejumlah upaya diantaranya :

BACA :  Pemerintah Lanjutkan Pemberian Bantuan Gagal Panen Kepada Para Petani

1. Surveilans epidemiologi di pintu masuk, penemuan kasus di wilayah dan manajemen kesehatan masyarakat.

2. Meningkatkan upaya pencegahan melalui : menghindari kontak langsung, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat dan penggunaan APD sesuai ketentuan.

3. Deteksi dan tatalaksana kasus yaitu jika mengalami keluhan deman disertai ruam segera ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat dan jika memenuhi kriteria suspek, probable maupun konfirmasi segera isolasi diri sampai gejala menghilang.

“Virus ini pola penyebarannya melalui kontak langsung dengan hewan ataupun manusia yang terinfeksi atau kontak tidak langsung melalui benda yang terkontaminasi oleh virus monkeypix. Apabila ada gejala demam disertai ruam segera ke fasilitas pelayanan kesehatan, jika suspek, probable atau konfirmasi isolasi diri, ” terang Putra Pertama.

Ia melanjutkan, mengingat penyebab penyakit tersebut adalah virus, maka kelompok rentannya terpapar yaitu balita dan lansia. Untuk penanganannya sendiri sama dengan antisipasi penyakit yang menular lainnya.

Penulis: Gede Suartawan

Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular