Senin, Februari 26, 2024
BerandaKlungkungKlungkung Gelar Upacara Pemarisudha Bumi di Pura Watu Klotok

Klungkung Gelar Upacara Pemarisudha Bumi di Pura Watu Klotok

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Bertepatan dengan Rahina Tilem Sada, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta muspayang Upacara Pemarisudha Bumi Jagat Bali di Pura Watu Klotok, Kabupaten Klungkung, Minggu (18/6/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengajak seluruh Umat Hindu agar bersama-sama melaksanakan arti penting dari sebuah makna upacara tersebut dan melalui pelaksanaan upacara ini dapat memberikan kerahayuan bagi masyarakat Bali khususnya masyarakat Klungkung.

“Mari bersama-sama memaknai arti penting dari pelaksanaan Upacara Pemarisudha Bumi ini dengan sebaik-baiknya dan semoga kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan,” harapnya.

Sementara Pangenter Upacara, Dewa Ketut Soma mengatakan bahwa Upacara Bhumi Sudha merupakan salah satu upacara meruwat alam yang dilaksanakan sesuai petunjuk sastra Babad Dewa.

Upacara ini digelar secara rutin dilaksanakan setiap setahun sekali. Adapun makna Upacara Pemarisudha ini yakni dimulai dari diri sendiri dengan melaksanakan hidup bersih, tidak merusak alam dan tidak lupa dengan ibu pertiwi.

Selain itu, bagian inti upacara ini yakni, Tirta Pamarisudha dari Pura Pengubengan Besakih dan Pura Batur dijemput dan dipusatkan di Pura Segara Watu Klotok.

BACA :  Astra Motor Bali Siap Bekerjasama dengan AMSI Bali

Di utama Pura ini, dua tirta tersebut dicampur lagi dengan tirta di Pura Watu Klotok. Prosesi ini diawali persembahyangan bersama selanjutnya campuran tiga tirta tersebut dibagikan kepada seluruh Bendesa.

“Tirta yang dibagikan dua jenis yakni Tirta Penawar yang dipercikkan untuk binatang dan tumbuh-tumbuhan. Sedangkan Tirta Bhumi Sudha dipercikkan untuk Banten Pagenteg Hyang dan untuk diri sendiri, Selain tirta, dalam upacara ini juga dibagikan nasi tawur. Nasi Tawur Panukun Jiwa tersebut nantinya ditebar di areal pakarangan rumah hingga ke pintu gerbang atau jaba pekarangan,” ujar Dewa Soma.

Upacara Pemarisudha Bumi ini berjalan hikmat yang dipuput oleh sembilan Sulinggih. Turut hadir Sekda Klungkung, I Gede Putu Winastra, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klungkung serta undangan terkait lainnya.

Penulis: Roni
Editor: Budiarta

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular