Klungkung Positif Rabies, Anjing Liar Dieliminasi

Dinas kesehatan hewan eliminasi anjing positif terkontaminasi rabies di Klungkung

Semarapura, balipuspanews.com- Penyakit rabies melanda bumi serombotan Klungkung. Lima warga menjadi korban gigitan anjing liar yang positif rabies. Kejadian ini diketahui setelah Minggu ( 24/6) lalu menggigit tangan seorang anak berusia 5 tahun, Ni Kadek Kartiningsih di seputaran jalan Krisna. Usai mengingit Kartiningsih, anjing berbulu putih itu berturut- turut mengigit Ketut Sumerti, Ketut Nyeri, Agung dan Suryati yang beralamat disekitar jalan Krisna dan jalan Baladewa Klungkung.

“ Karena meresahkan, anjing itu dibunuh oleh warga dan dibawa ke Puskeswan untuk diambil sampel otaknya. Sementara, warga yang digigit langsung di bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan VAR,” Jelas AA Arnawa Kabid Kesehatan hewan dinas pertanian Klungkung.

Baca Juga: Industri Alang – Alang Terbakar di Ubud

Sampel otak anjing tersebut selanjutnya dikirim ke Balai Besar Veteriner Denpasar untuk dilalukan pemeriksaan. Hasilnya positif rabies.

” Ini kasus pertama ada positif rabies pada hewan di Klungkung, sejak tahun 2017 silam,” jelas Arnawa.

Setelah mengetahui positif rabies, Keswan langsung lakukan langkah cepat dengan mengeliminasi selektif terhadap anjing – anjing liar di seputaran Jalan Kresna dan Baladewa. Sampel otak anjing tersebut lalu diambil, untuk diuji laboratorium.

” Tujuh Anjing yang dieliminasi ini, adalah anjing yang sempat kontak dengan anjing positif rabies. Kita eliminasi dan ambil sampel otaknya, untuk mengantisipasi penyebaran virus rabies ini,” ungkap Arnawa.

Terkait  dieliminasinya  anjing  yang diduga terjangkit rabies ini menurut Kadis Pertanian Ida Bagus Juanida menyampaikan hal yang sama ,bahwa demi keamanan dan mengeliminir penyebaran rabies melalui gigitan anjing tersebut terpaksa dilakukan eliminasi terhadap anjing anjing liar yang diduga terjangkit rabies diseputaran areal lokasi ditemukannya anjing yang positif rabies tersebut. ( roni/sur)

 

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here