Rabu, Februari 21, 2024
BerandaKlungkungKlungkung Raih Penghargaan Gerakan Menuju Smart City

Klungkung Raih Penghargaan Gerakan Menuju Smart City

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Kabupaten Klungkung berhasil meraih prestasi tingkat nasional dalam menyusun rencana induk (master plan) pembangunan berbasis smart city tahun 2022.

Dengan tersusunnya rencana induk ini, Pemerintah Kabupaten Klungkung, memiliki rencana berbasis teknologi yang terarah dalam menjawab tantangan dan peluang yang dihadapi di era digitalisasi, pada tahun mendatang.

Untuk mengapreasiasi keberhasilan tersebut Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan penghargaan Gerakan Menuju Smart City kepada Kabupaten Klungkung.

Penghargaan tersebut diserahkan Dirjen Aptika Semuel Abrijani Pangerapan kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, I Wayan Parna mewakili Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Kadis Kominfo, I Wayan Parna mengatakan penyusunan master plan gerakan menuju smart city Kabupaten Klungkung dimulai dengan penandatanganan MoU antara Kementerian Kominfo dengan Pemkab Klungkung kemudian dilaksanakan bimtbingan teknis dengan 4 tahap pada bulan Juni s.d September 2022.

Perumusan masterplan diperlukan untuk menampung inovasi-inovasi, seperti konsep smart city yang akan dilakukan mulai dari smart governance, smart branding, smart living, smart society, smart environment, dan smart economy.

BACA :  Komitmen Lindungi Pekerja, Pj Bupati Jendrika Diuji Sebagai Kandidat Paritrana Award

Lebih lanjut dikatakan, seluruh inovasi tersebut berujung pada satu tujuan besar, yaitu menjawab tantangan di masa depan sekaligus memaksimalkan potensi daerah agar dapat dirasakan manfaatnya dirasakan warga setempat.

Sehingga smart city ini bisa mengembangkan seluruh aspek dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan visi Kabupaten Klungkung yaitu terwujudnya Klungkung yang unggul dan sejahtera.

Penghargaan ini patut disyukuri, atas prestasi yng telah dicapai. Namun ada tantangan yang lebih besar yang dihadapi tahun berikutnya. Yaitu implementasi dari master plan Gerakan Menuju Smart City agar benar-benar terwujud dalam inovasi yang tertuang dalam enam dimensi smart city.

Enam Dimensi itu antara lain dimensi Smart Governance (SITAMPAN ONLINE, SIEJJAA), Smart Banding (ONE STOP MENLI, ADUNG), Smart Living (DORKESMAS, SIDAKARYA), Smart Economy (UYAH KUSAMBA, WASTAMANGAN), Smart Society (HALLO BPBD, PAPAP TIBUM), Smart Environment  (TOSS, GEMA TANSAPLAS).

“Tantangan yang dihadapi para pengampu inovasi perangkat daerah, cukup berat untuk bisa mengimplementasikan dalam program dan kegiatan pada tahun mendatang, sehingga visi dan misi Kabupaten Klungkung bisa terwujud,” kata Wayan Parna.

BACA :  Entaskan Kemiskinan, Pj Gubernur Bali Ingin Lanjutkan SMA/K Bali Mandara

Penulis: Roni

Editor: Budiarta

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular