Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBulelengKodam IX Udayana Deteksi Keberadaan 50 ISIS di Bali

Kodam IX Udayana Deteksi Keberadaan 50 ISIS di Bali

Singaraja, balipuspanews.com – Kodam IX Udayana mendeteksi, setidaknya ada 50 orang yang masuk dalam daftar anggota ISIS berada di Bali, dan keberadaannya tersebar di beberapa tempat.

Hal itu disampaikan Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak ketika melakukan kunker ke Kodim 1609/Buleleng, untuk meninjau kesiapan dan kedisiplinan anggota TNI dalam menjalankan tugas ke Negaraannya, Senim (14/8).

Terhadap keberadaan 50 anggota ISIS ada di Bali sambung Mayjen TNI Komaruddin data tersebut belum fix diterimanya. Karena tidak menutup kemungkinan, jumlah yang terdeteksi itu melebihi dari data yang masuk. Sebab, disinyalir masih ada beberapa anggota ISIS lainnya diluar dari 50 yang terdeteksi itu. Sehingga, kewaspadaan setiap wilayah diperlukan dalam hal ini.

“Kalau itu dari data yang ada, mungkin lebih. Bandingkan seperti di Filiphina, dilaporkan ada 50 setelah darurat militer selama 10 hari, sudah 250 orang. Berarti sudah melebihi. Kalau kita analogikan, ini sudah 10 kali lipat,” ujar Pangdam Komaruddin, usai kegiatan berlangsung di Kodim 1609/Buleleng.

BACA :  Bersama Brand Lokal, Shopee Gelar Kampanye Big Ramadan Sale

Menurut Komaruddin, yang terpenting saat ini bagaimana melakukan sistem pengamanan, agar setiap wilayah bisa benar-benar aman dari adanya aksi terorisme maupun radikalisme.

Bahkan dikatakan dia, dari TNI selalu bersinergi dengan Kepolisian termasuk Pemerintah Daerah, untuk melakukan pengamanan setiap wilayah.

“Jadi, apapun program pemerintah Polisi, 100 persen tentara mendukung program itu,” jelas Komaruddin.

Untuk di internal TNI sendiri, pihaknya selalu menekankan agat setiap anggota TNI rutin melakukan patroli wilayah, dengan menyasar tempat-tempat yang dianggap menjadi persembunyian mereka (Anggota ISIS).

Tentunya, anggota TNI melakukan patroli secara bersama-sama dengan sistem atau pola tertentu.

“Seluruh prajurit harus melakukan patroli wilayah, secara rutin. Supaya tidak mencurigakan, agar patroli secara bersama-sama, itu harus setiap hari melaksanakan patroli wilayah ke tempat-tempat yang menjadi sasaran,” tegas Komaruddin sambil mengingatkan anggota TNI.

Meski Kodam IX/Udayana menyatakan, mendeteksi ada 50 yang termasuk anggota ISIS berada di Bali, namun Jenderal Bintang 2 ini, enggan menyebutkan titik-titik keberadaan 50 orang yang disinyalir sebagai anggota ISIS.

BACA :  3 Tahun Kepemimpinan Bupati Gede Dana, APBD Karangasem Terus Meningkat

“Itu yang 50 ada di beberapa tempat dan berada. Makanya, harus tetap waspada di setiap tempat,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular