Kodam IX Udayana Kawal KTT G-20 di Nusa Dua

Pasukan Kodam IX Udayana akan mengamankan jalannya Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G-20) yang akan berlangsung di Nusa Dua 2022 mendatang. Hal itu ditegaskan Pangdam IX Udayana Mayjend TNI Maruli Simanjuntak, pada Kamis (16/12/2021)
Pasukan Kodam IX Udayana akan mengamankan jalannya Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G-20) yang akan berlangsung di Nusa Dua 2022 mendatang. Hal itu ditegaskan Pangdam IX Udayana Mayjend TNI Maruli Simanjuntak, pada Kamis (16/12/2021)

DENPASAR, balipuspanews.com – Pasukan Kodam IX Udayana akan mengamankan jalannya Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G-20) yang akan berlangsung di Nusa Dua 2022 mendatang. Hal itu ditegaskan Pangdam IX Udayana Mayjend TNI Maruli Simanjuntak, pada Kamis (16/12/2021).

Setelah sebelumnya Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra mengatakan akan mengerahkan 12.000 personil di KTT G-20, Pangdam Maruli menegaskan akan melaksanakan pengamanan yang sama. Hanya Mayjend Maruli tidak merinci berapa jumlah seluruh pasukan yang disiagakan.

Mantan Danpaspampres ini meminta dukungan masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas keamanan dan menekan laju penyebaran Covid-19.

Jenderal TNI bintang dua dipundak ini kembali mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan agar para tamu delegasi dari berbagai negata dapat terlayani dengan maksimal.

Baca Juga :  Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Kunjungi Lapas Kerobokan

Sedianya khusus pada pengamanan kepala negara akan dilakukan oleh TNI yang ditunjuk Presiden melalui Panglima TNI. Dimana perwira berpangkat Letnan Jenderal yang akan mengkoordinir pasukan pengamanan.

Kemudian, nantinya ada pengamanan VVIP (selevel kepala negara) pengamanan VIP (para delegasi), pengamanan wilayah (oleh Kodam IX/Udayana), dan Satgas evaluasi.

Dijelaskan Pangdam Maruli, dalam setiap pelaksanaanya menerapkan protap termasuk salah satunya adalah koordinasi dengan pengamanan dari negara lain.

“Pengamanan VVIP itu pasti urusannya Paspampres. Kalau jumlah VVIP banyak akan merekrut anggota lagi dan dilatih terlebih dahulu untuk bisa mengamankan tamu VVIP. Sementara pengamanan VIP dilakukan oleh kepolisian. Pengamanan wilayah dikomando oleh Pangdam. Evaluasi dipimpin Kasdam,” bebernya.

Baca Juga :  Wisatawan Arab Tewas Saat Rafting di Telaga Dwaja

Sebagaimana diinformasikan, KTT G-20 ini akan dihadiri 25 delegasi tahap pertama dari 9 negara. Seperti Jepang, Singapura, Arab Saudi, Amerika Serikat, Belanda, Spanyol, Turki, Swiss, dan tuan rumah Indonesia sudah berdatangan ke Bali.

Para delegasi ini datang melalui udara dan mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung sejak 7 Desember 2021 malam.

Kedatangan 25 orang delegasi KTT G-20 merupakan agenda Presidensi G-20 yang dilaksanakan secara bertahap dalam rentang waktu Desember 2021 hingga Oktober 2022 mendatang. KTT G-20 itu nanti akan dipusatkan di Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan