Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ketujuh puluh empat (HUT RI ke-74)
Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ketujuh puluh empat (HUT RI ke-74)
sewa motor matic murah dibali

BANGLI, balipuspanews.com – Kawasan Geopark Batur selama ini dikenal sebagai kawasan dengan keindahan alam yang menakjubkan dan sebagai salah satu pusat kawasan spiritual di Bali. Gunung Batur yang gagah dan spiritual menjadi tempat wisatawan berbagai negara untuk mendaki dan tempat menghaturkan hewan kurban. Danau Batur yang indah dengan kekayaan ikan mujairnya yang terkenal menjadi sumber penghidupan masyarakat kawasan sekitar, serta sumber air untuk tanaman masyarakat Kintamani yang terkenal yaitu bawang merah dan tomat serta sayur mayur.

Gunung Abang yang indah sering diselimuti kabut berhadapan muka dengan Gunung Batur juga menjadi lokasi hiking dan trekking wisatawan. Bukit Trunyan yang pemandangannya menakjubkan dan mulai dilirik wisatawan untuk camping dan hiking. Berbagai Pura suci besar tempat bersembahyang seluruh umat Hindu di Bali seperti Pura Ulun Danu Batur, Pura Jati, Pura Tampurhyang, Pura Hulundanu Songan, Pura Dalem Balingkang, Pura Pucak Penulisan.

Keindahan alam kawasan Geopark Batur ini telah mengundang decak kagum wisatawan dunia sehingga UNESCO menetapkannya sebagai salah satu Geopark dunia yang perlu dilindungi. Kawasan Geopark Batur menjadi Geopark dengan luasan wilayah terbesar dan terluas di Asia. Dalam periode sepuluh tahun terakhir ini kunjungan wisatawan terus meningkat ke kawasan Geopark Batur dan telah menjadi kawasan wisata andalan Kabupaten Bangli bahkan Propinsi Bali.

Seiring dengan perkembangan pesat pariwisata kawasan Geopark Batur telah turut memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan Geopark Batur dan Kintamani bahkan kabupaten Bangli.

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ketujuh puluh empat (HUT RI ke-74), Toya Devasya Infinite Harmony bekerjasama dengan Komandan Distrik Militer (Kodim) 1626 Kabupaten Bangli menyelenggarakan Lintas Alam “Volcano Run” 5 KM. Lomba lari yang bertajuk Kodim Bangli-Toya Devasya Lintas Alam “Volcano Run” 5KM 2019 ini juga melibatkan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Bangli sebagai induk olahraga atletik di Kabupaten Bangli.

Tujuan kegiatan lomba lari ini juga dimaksudkan sebagai ajang menjaring atlet-atlet olahraga lari lintas alam kabupaten Bangli yang selama ini dikenal sebagai lumbung atlet-atlet lari di Propinsi Bali. Serta tidak lupa, kegiatan lomba lari ini merupakan komitmen Toya Devasya Infinite Harmony untuk terus mempromosikan kawasan wisata Geopark Batur kepada khalayak luas.

Menurut DR. I Ketut Mardjana GM Toya Devasya Infinite Harmony, kegiatan lomba lari di kawasan Geopark Batur ini menjadi bentuk kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan di Bali dalam hal ini Kodim 1626 Bangli serta PASI Bangli, Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Bangli serta Yamaha Motor Bali.

“Kegiatan lomba lari ini menjadi bentuk sinergi pemangku kepentingan di Bangli untuk kegiatan positif bagi masyarakat dan terutama generasi muda di Kabupaten Bangli serta bisa menjadi sarana promosi pariwisata kawasan Geopark Batur”, jelas DR. I Ketut Mardjana.

Kodim Bangli-Toya Devasya Lintas Alam “Volcano Run” 5KM 2019 ini diselenggarakan pada 10 Agustus 2019 pada jam 07.00 pagi. Lokasi start dan finish serta upacara penyerahan hadiah dan hiburan untuk peserta mengambil tempat di Toya Devasya Infinte Harmony, Toya Bungkah Kintamani. Pendaftaran peserta Kodim Bangli-Toya Devasya Lintas Alam “Volcano Run” 5KM 2019 dilakukan secara offline dan online. Tersedia beberapa tempat seperti Kodim 1626 Bangli, Toya Devasya Infinite Harmony di Toya Bungkah Kintamani, Bank BRI cabang Bangli serta secara online di email Toya Devasya.

Telah terdaftar ratusan peserta lomba lari ini yang dikategorikan menjadi kategori undangan, peserta umum serta pelajar sekolah menengah umum (SMU) dan sekolah menengah pertama (SMP). Pendaftar lomba lari dikenakan biaya sejumlah 150 ribu dan mendapatkan racepack berisikan jersey (baju), nomor peserta ditempelkan di dada, kupon undian doorprize, serta tiket masuk ke area Toya Devasya Infinite Harmony.

Berbagai instansi seperti anggota Kodim 1626 Bangli, anggota Polres Bangli, Pemda Bangli, Kejaksaan Negeri Bangli, Pengadilan Negeri Bangli, telah mendaftar untuk menjadi peserta undangan, atlet-atlet lari Bangli, masyarakat umum serta beberapa sekolah menengah umum dan kejuruan di Kabupaten Bangli.

Penyelenggara menargetkan tercapai 700 peserta lomba lari yang baru pertama kali diselenggarakan di kawasan Geopark Batur ini. Rute sejumlah 5 kilometer nanti akan melintasi bagian kecil wisata Geopark Batur sehingga peserta selain berlomba akan bisa menikmati keindahan alam Geopark Batur.

Sedangkan menurut Putu Astiti Saraswati Ketua PASI Kabupaten Bangli menjelaskan bahwa kegiatan lomba lari di kawasan Geopark Batur ini akan menjadi agenda tahunan PASI Kabupaten Bangli yang terdaftar di PASI pusat di Jakarta bekerjasama dengan Toya Devasya Infinite Harmony.

“Kita menginginkan lomba lari bertajuk “Volcano Run” bisa sejajar dengan berbagai lomba lari yang terutama mengambil lokasi di kawasan wisata yang sudah terkenal seperti Borobudur Run di Jawa Tengah. Saya dengar Borobudur Run namanya telah mendunia dan diikuti oleh peserta internasional berbagai negara. Saya yakin “Volcano Run” ini mampu menjaring peserta dari berbagai negara mengingat nama Geopark Batur telah mendunia dan Bali adalah destinasi wisata terkenal di dunia. Kerjasama PASI Kabupaten Bangli dengan destinasi seperti Toya Devasya ini tentu menjadi sinergi positif bagi pengembangan olahraga dan pariwisata”, pungkas Putu Astiti Saraswati. (Rls/bpn/tim)