Kamis, Maret 28, 2024
BerandaBulelengKolaborasi Baleganjur dan Hadrah Hiasi Semarak Sambut HUT RI di Pengastulan

Kolaborasi Baleganjur dan Hadrah Hiasi Semarak Sambut HUT RI di Pengastulan

BULELENG, balipuspanews.com – Semarak menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke-77 membawa kesan tersendiri bagi warga khususnya di Desa Pengastulan, Kecamatan Seririt.

Bagaimana tidak sejak adanya pandemi Covid-19 melanda dunia masyarakat tidak lagi bisa mengadakan kegiatan untuk menyambut HUT-RI hingga dua kali.

Namun pada HUT-RI kali ini, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Desa Pengastulan kembali melaksanakan sejumlah kegiatan dalam acara bertajuk Gebyar Festival Agustus PKK Desa Pengastulan. Akan tetapi dari sekian kegiatan yang cukup menarik yakni indahnya rasa toleransi dari masyarakat.

Hal itu bisa dibuktikan dengan adanya beberapa kegiatan seperti pementasan Baleganjur serta Hadrah yang dimainkan dalam satu panggung untuk menghibur masyarakat, lalu ada lomba merias, olahraga tradisional seperti tarik tambang, sepak bola khusus emak-emak berdaster hingga gerak jalan bernuansa hiburan.

Tidak itu saja, tari rejang massal pun tidak lupa dipentaskan dalam rangkaian kegiatan itu, sehingga membuat warga yang datang bisa terhibur sekaligus berbaur menjadi satu bergembira dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

BACA :  Kasus Babi Mati Tak Ada Solusi, Peternak di Karangasem Semakin Resah

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Pengastulan Kadek Eta Hermayanti mengatakan kegiatan HUT RI ke-77 kembali dilaksanakan selain untuk hiburan juga untuk membangkitkan kembali gairah masyarakat yang selama dua tahun ini vakum dari perayaan HUT RI.

”Paling tidak masyarakat akan terhibur dan kembali merajut keberasamaan setelah selama dua tahun nyaris vakum akibat Covid-19,” kata Eta saat ditemui, Minggu (7/8/2022).

Atas terselenggaranya festival tersebut, dirinya pun mengaku gembira melihat sambutan masyarakat yang diluar dugaan dalam kegiatan ini semua elemen masyarakat bahu membahu menjadi bagian kegiatan sehingga acara yang berlangsung selama 3 hari sejak Kamis (4/8/2022) hingga Minggu (7/8/2022) berlangsung lancar dan sukses.

“Yang menarik selain acara Pengastulan Fashion Week dan tari rejang massal ada kolaborasi bleganjur dan hadrah ikut mewarnai kegiatan tersebut.Khusus kolaborasi bleganjur dan hadrah dua unsur etnik berpadu kesenian etnik Hindu dan Islam,dibawakan apik oleh warga kami,” imbuh Eta.

Disisi lain, Kepala Desa Pengastulan Putu Widyasmita memberikan apresiasi dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, sebab hal ini bisa menjadi salah satu upaya merajut kebersamaan diantara sesama warga terutama ibu-ibu PKK.

BACA :  Diduga Culik dan Sekap Anak Berusia 8 Tahun, Bule Asal Amerika Ditangkap

Bahkan dirinya pun melalui kegiatan itu mencoba menggali potensi warga yang dipimpinnya guna menjadi energi untuk membangun desa kedepannya.

“Semua potensi berusaha kami satukan sehingga menjadi semangat yang sama untuk membangun desa tanpa melihat perbedaan dan latar belakang,” terang Widyasmita.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular