Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBerita DuniaKomet Hijau ZTF Kembali Ke Tata Surya Setiap 50.000 Tahun dan Akan...

Komet Hijau ZTF Kembali Ke Tata Surya Setiap 50.000 Tahun dan Akan Terlihat Dari Bumi

Pada tanggal 1 Februari akan melewati 42 juta kilometer dari Bumi dan tidak menutup kemungkinan dapat terlihat dari planet kita

Berita Dunia,penggemar astronomi, 1 Februari ditandai dengan warna merah di kalender mereka. Alasannya: tidak setiap hari ada kesempatan untuk melihat komet berwarna hijau.

Faktanya, ini adalah pertama kalinya dalam 50.000 tahun C/2022 ZTF akan kembali ke tata surya. Dan itu akan menjadi awal bulan depan ketika akan mencapai posisi terdekatnya ke Bumi.

Secara khusus, ZTF komet hijau akan melewati 42 juta tahun cahaya dari planet kita. Para ahli tidak 100 persen yakin apakah itu akan terlihat dari permukaan tanpa menggunakan alat apa pun. Namun, jika kita memiliki teropong atau teleskop astronomi khusus, kita akan dapat melihatnya tanpa masalah.

Seperti yang biasanya terjadi dalam kasus ini, tempat terbaik untuk mengamati komet, yang satu ini atau lainnya, adalah tempat dengan sedikit cahaya buatan. Artinya, kita harus menjauh dari pusat kota dan lebih baik melakukannya pada jam-jam sebelum fajar.

BACA :  Bupati Giri Prasta Buka Musrenbang RKPD Badung Tahun 2025

Mengapa komet ZTF berwarna hijau?
Komet ZTF memiliki kecerahan dan warna yang, meski tidak unik, jelas berbeda. Warnanya disebabkan oleh fakta bahwa ia tersusun, antara lain, dari karbon diatomik.

Saat bersentuhan dengan sinar matahari, penguraian elemen ini menyebabkan gas memperoleh warna yang spektakuler ini.

Komet ZTF ditemukan pada Maret 2022

Frank Masci dan Bryce Bolin dari Observatorium Palomar di California bertanggung jawab menemukan komet ZTF yang mencolok di langit. Dinamakan demikian karena penemuannya merupakan bagian dari program pengawasan Zwicky Transient Facility, yang menggunakan teleskop Schmidt yang kuat di fasilitas tersebut.

Awalnya, para ilmuwan yang bertanggung jawab atas penemuan itu mengira itu adalah asteroid, tetapi mereka segera menyadari bahwa bukan itu masalahnya. Terlepas dari warna mencolok dari komet ini, para ahli menyarankan agar ekspektasi tetap rendah. Bagaimanapun, itu adalah acara yang telah membangkitkan minat besar masyarakat.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular