Komisi II DPRD Buleleng Tanyakan Informasi Proyek Berjalan Tapi IMB Belum Ada

Anggota Komisi II DPRD Buleleng I Made Sudiarta,SH (kanan) melaksanakan koordinasi ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).
Anggota Komisi II DPRD Buleleng I Made Sudiarta,SH (kanan) melaksanakan koordinasi ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

BULELENG, balipuspanews.com – Menerima beberapa masukan dari masyarakat terkait bangunan belum memiliki IMB, namun sudah melaksanakan pembangunan.

Anggota Komisi II DPRD Buleleng I Made Sudiarta,SH melaksanakan koordinasi ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Kedatangannya tersebut diterima langsung Kepala DPMPTSP I Made Kota,S.Sos didampingi Kasi Pelayanan Komang Suarsana diruang kerja Kepala Dinas Perijinan.

I Made Sudiarta,SH mengungkapkan bahwa , pihaknya mendatangi DPMPTSP untuk memperoleh masukan terkait dengan kebijakan dalam pengurusan IMB dalam situasi pandemi Covid-19.

Bahkan pihaknya menegaskan ada beberapa masukan dari masyarakat tentang adanya bangunan yang belum memiliki IMB tetapi sudah melaksanakan pembangunan.

Sehingga hal itu membuat saya mendatangai pihak terkait untuk menggali informasi tersebut yang nantinya akan dipakai dalam rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi II dengan eksekutif.

“Tadi pak Kadis sudah memberikan data yang kami informasikan dan sudah ditanggapi. Kedepan kami berharap kepada seluruh kegiatan pembangunan agar memiliki ijin dahulu baru melaksanakan pembangunannya,” jelasnya

Lanjut Sudirta ditemui menyatakan pihaknya yang bertugas di Komisi II DPRD Buleleng menerima aduan dari masyarakat terkait bangunan yang belum memiliki IBM.

Komisi II sebagai pihak yang membidangi masalah pembangunan mencoba mencari informasi langsung ke Dinas DPMPTSP Kabupaten Buleleng.

“Setelah pertemuan tadi, kami akan membawa hasil dan data ini dalam agenda Rapat dengar Pendapat (RDP) antara Komisi II dengan SKPD terkait,” imbuhnya

Sementara itu Kepala Dinas Perijinan I Made Kota,S.Sos menyambut baik atas kedatangan I Made Sudirta,SH dari Komisi II DPRD Buleleng kekantornya. Pihaknya mengapresiasi Komisi II sebagai bagian dari pengawasan Dewan terhadap mitra kerja di pemerintahan.

Terkait dengan masukan tentang adanya bangunan yang belum memiliki IMB tetapi sudah mulai ada pembangunan, pihaknya sudah berkerjasama dengan satpol PP untuk turun bersama.

“Di lapangan memang ada pembangunan dan sudah mendaftarkan pembuatan ijinnya, tetapi ketika kami cross cek kelapangan ternyata tidak sesuai dengan yang didaftarkan dan akhirnya kami stop sementara sampai adanya ijin IMB,” tutupnya

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan