Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBadungKomisi IV DPRD Kabupaten Badung Tinjau Pembangunan Gedung Sekolah di SMPN 5...

Komisi IV DPRD Kabupaten Badung Tinjau Pembangunan Gedung Sekolah di SMPN 5 Abiansemal Badung

BADUNG, balipuspanews.com – Komisi IV DPRD Kabupaten Badung adakan kunjungan kerja ke SMPN 5 Abiansemal, Badung, pada Senin (15/6/2020).

Sebelumnya diketahui SMPN 5 Abiansemal keterbatasan gedung sekolah. Selama dua tahun ini para siswa SMPN 5 Abiansemal belajar pada SDN 1 Abiansemal dan SDN 5 Abiansemal, dikarenakan baru memiliki dua tempat.

Dan disaat sudah menginjak tahun ketiga, dan sudah terdapat siswa kelas tiga SMP lalu kita pinjam kembali gedung yang baru yaitu di SDN 3 Abiansemal.

Kepala Sekolah SMPN 5 Abiansemal, I Gusti Agung Gede Karyawan, mengatakan kendalanya jelas di sarana dan prasarana. Seperti Perpustakaan, UKS dan Laboratorium.

“Terkait dengan Aci yang diberikan Pemerintah Kabupaten Badung, memang hanya untuk satu sekolah saja, namun saat ini kita membutuhkan Aci untuk 3 sekolah. Selama ini karena selalu kekurangan, kami menggunakan efisiensi. Seperti pengadaan canang diproduksi sendiri oleh pegawai, sehingga pengeluaran dapat ditekan,” katanya.

Dengan bertambahnya 1 sekolah yaitu SDN 3 Abiansemal yang dipinjam oleh SMPN 5 Abiansemal untuk proses belajar mengajar, membuat para pegawai harus iuran sementara belum adanya bantuan dari Dinas.

BACA :  Bupati Giri Prasta Buka Musrenbang RKPD Badung Tahun 2025

“Maka dari itu saya selaku Kepala Sekolah sudah menyampaikan hal tersebut ke pihak Dewan tadi agar dapat membantu,” tambahnya.

Dari Dinas sendiri memang sudah menganggarkan dana Aci sebanyak Rp. 13.800.000,- untuk satu sekolah dan periode satu tahun.

Maka dari itu untuk dua sekolah yang dipinjam oleh SMPN 5 Abiansemal, dana Aci didapat dari iuran para pegawai yang sudah berjalan sejak dua tahun.

Sementara saat ini jumlah siswa di SMPN 5 Abiansemal sebanyak 307. Dan untuk tahun ini menerima siswa baru sebanyak 192. Sehingga jumlah siswa seluruhnya di Tahun ajaran baru ini sebanyak 499.

Sedangkan jumlah pegawai 10 orang, tenaga pengajar 21. Sebagian besar guru-guru di SMPN 5 Abiansemal adalah pegawai non PNS, sedangkan guru yang sudah menjadi PNS hanya terdapat 6 orang.

Dan hasil kunjungan dari Komisi IV DPRD Kabupaten Badung yaitu rencananya pembangunan gedung SMPN 5 Abiansemal ini akan dibangun pada tahun ini. Akibat dari recopushing anggaran untuk Covid-19, kegiatan fisik tersebut ditunda.

“Sesuai dengan fakta dan data di lapangan agar menjadi prioritas kami untuk di tahun 2021 induk, sehingga untuk para siswa yang belajarnya terpisah di tiga gedung, diharapkan tahun 2021 gedung di SMPN 5 Abiansemal sudah siap untuk proses belajar mengajar agar tidak tercecer kembali,” ungkap, Ketua Komisi IV DPRD Badung, Made Sumerta.

BACA :  Jaga Stabilitas Harga Pangan, Pemkab Badung Gelar Gerakan Pangan Murah di Desa Bongkasa Pertiwi

Terkait dengan dana Aci atau dana untuk upacara keagamaan yang dibutuhkan oleh SMPN 5 Abiansemal dikarenakan proses belajar mengajar siswa terpecah di 3 gedung sekolah, pihak SMPN 5 Abiansemal membutuhkan dana Aci di 2 lokasi.

“Nanti mekanisme nya pihak Sekolah akan mengajukan dengan faktanya seperti ini. Karena kasian juga jika para guru dan pegawai iuran untuk dana aci ini,” tandas, Made.

Penulis : Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

Editor : Putu Artayasa

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular