Rabu, Februari 28, 2024
BerandaNewsKomitmen Dukung Keunggulan Akademik Berkelanjutan, Enam Profesor Dikukuhkan Undiksha

Komitmen Dukung Keunggulan Akademik Berkelanjutan, Enam Profesor Dikukuhkan Undiksha

BULELENG, balipuspanews.com– Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) mengukuhkan enam guru besar atau profesor, Rabu (29/11/2023). Pengukuhan dilakukan oleh Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd yang disaksikan oleh Senat Undiksha.

Pengukuhan tersebut tidak lain sebagai bukti nyata komitmen Undiksha dalam menciptakan dan mendukung keunggulan akademik berkelanjutan, sebagai bagian dari prioritas transformasi dan akselerasi capaian pembangunan dalam bidang pendidikan.

Adapun Guru besar tersebut diantaranya Prof. Dr. Siti Maryam, M.kes bidang biokimia, Prof. Dr. I Gusti Lanang Agung Parwata, S.Pd.,M.Pd bidang pengukuran dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Prof. Putu Indah Rahmawati, S.St.Par., M.Bis.,Ph.D bidang manajemen pariwisata, Prof. Dr. I Nengah Suastika, S.Pd.,M.Pd bidang Pendidikan IPS, Prof. Dr. Dewa Gede Sudika Mangku, S.H.,LL.M bidang Hukum Internasional, dan Prof. Dr. I Wayan Mudana, M.Si bidang kajian budaya.

Rektor Undiksha, Prof. Lasmawan menyampaikan titik kulminasi perjalanan panjang seorang dosen ada dua. Pertama, bidang pendidikan, yaitu dengan mencapai pendidikan tertinggi yakni gelar doktor. Kedua, dalam bidang kepangkatan, dengan meraih pangkat jabatan akademik tertinggi yaitu profesor.

BACA :  Dua Pengedar Pil Koplo Ditangkap

“Keenam akademisi yang hari ini dikukuhkan sebagai Profesor dan menyampaikan orasinya adalah mereka yang telah meraih kedua titik kulminatif tersebut dalam karir akademiknya. Artinya adalah mereka yang telah teruji di segala medan tupoksinya,” ungkapnya.

Para guru besar ini diyakini akan memberi kontribusi yang signifikan bagi percepatan capaian prestasi dan raihan predikat International Reputable University Education and Leadership (IRUEL) bagi Undiksha.

“Semoga para guru besar ini dapat menginspirasi para akademisi lain di lingkungan Undiksha untuk segera menjadi Profesor,” katanya.

Banyaknya Lektor Kepala yang dimiliki Undiksha menjadi potensi yang sangat promistis untuk menambah profesor dalam jumlah yang cukup banyak. Ditegaskan, raihan jabatan profesor bukan saja merupakan capaian pribadi sebagai seorang akademisi, namun juga menjadi capaian Undiksha yang sangat penting dalam konstelasi akademik pembangunan pendidikan tinggi.

“Bertambahnya enam profesor baru pada hari ini telah menguatkan konstelasi kapasitas SDM Undiksha yang secara akademis telah teruji keilmuannya. Hal ini, tentunya akan membuat keberadaan Undiksha semakin diakui oleh masyarakat dan dunia. Sebab, jabatan Profesor secara empiris membuktikan adanya legasi akademik yang terverifikasi,” ungkap Prof. Lasmawan.

BACA :  Pedagang Jajan Ditemukan Tergantung Dibelakang Dapur

Ia berharap setelah pengukuhan, para guru besar ini dapat berkontribusi dalam peningkatan capaian prestasi Undiksha.

“Setelah memperoleh jabatan tertinggi di bidang akademik ini, semangat menulis, mengajar, mengabdi, dan meneliti bukannya kendur, tapi justru harus ditingkatkan untuk memberi kemaslahatan yang lebih besar kepada khalayak luas,” pungkasnya.

Berdasarkan data hingga 29 November 2023, jumlah guru besar Undiksha sebanyak 83 orang. Sebanyak 71 orang telah dikukuhkan dan 12 orang akan dikukuhkan pada periode berikutnya.

Penulis: Nyoman Darma
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular