Pilgub Bali
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Karangasem, balipuspanews.com – Semakin dekat waktu menuju perhelatan Pilgub Bali, situasi politik di Kabupaten Karangasem relatif kondusif.

Kondisi ini terjadi tak lepas dari dukungan dan sikap yang ditunjukan oleh tim sukses ataupun tim kampanye kedua pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Bali. Tidak kalah penting yang berperan, ialah para penyelenggara Pilkada yang tetap mengedepankan upaya persuasif untuk menekan pelanggaran-pelanggaran.

“Panwaslu Karangasem sebagai lembaga pengawas pelaksanaan tahapan Pilkada, menempatkan pola persuasif untuk menyerukan Pilkada damai. Tidak hanya disampaikan secara formal, namun diserukan juga melalui jalur nonformal,” ujar I Komang Triarta, selaku Ketua Panwaslu Karangasem, pada Rabu (21/3).

Dikatakan Triarta, masalah baliho yang biasanya menjadi permasalahan klasik pada setiap ajang lima tahunan tersebut sampai saat ini tertangani dengan baik. Tim kampanye pasangan calon, bahkan menurunkan sendiri alat peraganya yang dalam pemasangan maupun pada desainnya tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Meski sejauh ini situasi politik di Kabupaten Karangasem terkesan adem-ayem, KPU tetap melaksanakan pengawasan secara maksimal. Pemantauan bersama Panitia Pengawas Lapangan (PPL) maupun Panwascam terus digencarkan, kendati sampai saat ini belum ditemukan adanya pelanggaran baik menyangkut larangan politik praktis bagi PNS maupun penyelengara pemerintahan lainnya seperti perbekel dan jajaran pemerintahan desa maupun anggota TNI dan Polri. (Suar)

Advertisement

Tinggalkan Komentar...