Selasa, Februari 27, 2024
BerandaBulelengKONI Buleleng Target Maksimalkan Atlet Ikuti Babak Kualifikasi PON

KONI Buleleng Target Maksimalkan Atlet Ikuti Babak Kualifikasi PON

BULELENG, balipuspanews.com– KONI Kabupaten Buleleng tahun ini menargetkan lebih banyak atlet yang lolos dalam kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI. Hal ini diyakini dapat tercapai melihat perolehan medali di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 lalu yang mengalami peningkatan.

Ketua Umum KONI Buleleng, I Ketut Wiratmaja usia Rapat Kerja 2023, Selasa (28/2/2023) kemarin mengatakan, tahun ini merupakan momentum pembuktian atlet Buleleng di kancah nasional. Salah satunya mengikuti babak kualifikasi PON XXI yang akan dilaksanakan di Aceh dan Sumatra dari bulan Mei-November mendatang.

“Yang menjadi fokus kegiatan kita tahun ini salah satunya meningkatkan partisipasi atlet dan pelatih di setiap event. Dalam waktu dekat ada babak kualifikasi PON XXI. Mudah-mudahan atlet dan pelatih Buleleng bisa berkontribusi lebih banyak dari pelaksanaan PON sebelumnya,” jelas Wiratmaja.

Selain itu tahun ini KONI Buleleng juga akan mendatangkan Lembaga Akreditasi Nasional Keolahragaan (Lamkor). Lembaga ini akan membantu KONI Buleleng meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) baik atlet dan pelatih.

BACA :  Marak Upaya Gusur dan Geser Suara, Mahfuz Sidik: Bentuk Kecurangan Pemilu Legislatif

“Pelatih di Buleleng akan dites untuk menguasai sertifikat C1 Nasional. Sehingga masalah klasik pelatih tidak bisa mendampingi atletnya di event bergengsi karena tidak punya sertifikat bisa diselesaikan tahun ini,” imbuhnya.

Terakhir fokus KONI Buleleng tahun ini mengoptimalkan tata kelola bersama seluruh pengkab cabor dengan sistem digitalisasi.

Di tempat yang sama Ketua Umum KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan mengapresiasi KONI Buleleng bersama pengkabnya berhasil meningkatkan perolehan medali pada Porprov 2022 lalu.
Oka Darmawan berharap dengan perolehan 75 medali emas di Porprov Bali, atlet Buleleng bisa lebih banyak yang dikirim ke Pra PON.

“Nanti kami akan membentuk tim review yang akan menganalisa berapa atlet dari cabor apa saja yang akan dikirim,” jelas pejabat asal Buleleng ini.

Dia juga mengingatkan kepada atlet, pelatih, pengkab dan KONI Buleleng agar tetap bersemangat. Walaupun dana pembinaan yang terbatas tahun ini, diharapkan tidak memutus asa atlet dan pelatih untuk berprestasi.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana yang diwakili Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Buleleng Putu Karuna mengatakan pemerintah Kabupaten Buleleng tetap komitmen untuk mendanai kegiatan olahraga. Hanya saja untuk tahun ini usulan hibah KONI Buleleng belum dapat dipenuhi maksimal. Hal itu karena kondisi kemampuan anggaran daerah.

BACA :  HUT ke-236 Kota Denpasar, Wali Kota Jaya Negara Berkomitmen Tuntaskan Tantangan Pembangunan

“Dua tahun kita terdampak Covid-19 tentu ini berujung pada kemampuan keuangan daerah ini yang harus dipahami dan menjadi perhatian semua. Potensi penambahan anggaran tetap akan diupayakan kembali, mudah-mudahan ekonomi terus membaik. Kami paham betul bahwa anggaran pembinaan atlet itu perlu dana besar,” pungkas Karuna.

Penulis: Nyoman Darma
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular