Kontingen Porprov Buleleng Dilepas, Suyasa : Bisa Ranking 2 Itu Luar Biasa

Pengibaran bendera sebagai tanda dilepasnya Kontingen Porprov Buleleng bertempat di Depan Tugu Singa Ambaraja

BULELENG, balipuspanews.com – Kontingen Buleleng yang akan berjuang penuh di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali ke XV tahun 2022 akhirnya dilepas secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, Kamis (10/11/2022) di Tugu Singa Ambara Raja.

Pada Porprov ke XV kontingen yang dikirim ada sebanyak 699 orang yang terdiri dari 484 orang atlet, 155 orang manajer dan official serta 60 orang mekanik dan panitia dari 41 cabor. Harapannya dengan kekuatan dari kontingen yang dikirim ini, KONI Buleleng memasang target tetap bertahan di posisi 3 besar di Provinsi Bali.

Untuk pelaksanaan Porprov tahun ini akan dilaksanakan tersebar di 9 kabupaten/kota di Bali. Porprov Bali akan dibuka pada Kamis (20/11/2022) mendatang hingga Kamis (27/11/2022). Hanya saja 22 cabor akan melangsungkan perlombaan dan kejuaraan lebih dulu karena Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) dan juga keterbatasan tempat penyelenggaraan.

Ketua KONI Buleleng I Ketut Wiratmaja mengatakan, untuk target mempertahankan posisi di tiga besar, KONI Buleleng sudah memasang strategi. Salah satunya melakukan penjaringan atlet yang ketat dengan tagline Small is Gold. Dengan jumlah atlet yang dikirim saat ini jauh lebih sedikit dari Porprov sebelumnya, namun memprioritaskan atlet-atlet yang benar-benar berpotensi meraih emas.

Meski targetnya bertahan di posisi tiga besar, KONI Buleleng yakin bisa menambah target perolehan medali emas. Penambahan medali itu dari 52 medali emas di Porprov 2019 di Kabupaten Tabanan, nanti menjadi 60 medali emas di Proprov ke XV.

“Potensi medali emas kita masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ada di bela diri, olahraga permainan masih sangat menjanjikan. Tetapi cabor lain kami target juga bisa berkontribusi meraih emas agar tetap bisa bertahan di posisi tiga besar di Provinsi,” ujar Wiratmaja disela-sela selesai upacara pelepasan Kontingen Porprov Buleleng.

Disisi lain, Penjabat Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana yang diwakili Sekda Buleleng Gede Suyasa berharap seluruh atlet Buleleng dan juga pelatih agar tetap ingat menjunjung tinggi sportivitas untuk menjaga kehormatan dan menjaga citra.

Lalu soal raihan prestasi di Porprov kali ini, Suyasa mengharapkan Buleleng bisa mencapai target realistis dan minimal bertahan di posisi 3 besar di tingkat Provinsi.

“Tentu harapan kita yang bisa bertahan seperti sebelumnya minimal, tapi kalau bisa ranking 2 itu luar biasa,” harapnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan