Jumat, Juni 14, 2024
BerandaBadungKoper Hilang di Terminal Kedatangan Domestik, Penumpang dari Kualanamu Medan Diringkus

Koper Hilang di Terminal Kedatangan Domestik, Penumpang dari Kualanamu Medan Diringkus

KUTA, balipuspanews.com – Polres Kawasan Bandara menyelidiki hilangnya koper milik penumpang maskapai Air Asia, Mery Tania Sebastian yang raib di Terminal Kedatangan Domestik I Gusti Ngurah Rai, Kuta, pada Minggu 2 April 2023 sekitar pukul 13.50 WITA. Dari hasil lidik, pelaku diketahui seorang pria berinisial WES,27, asal Dairi, Sumatera Utara.

Penumpang yang baru datang dari Kualanamu, Medan, Sumatera Utara ini ditangkap di rumah kosnya di Jalan Raya Canggu, Kuta Utara, Badung tanpa perlawanan.

Menurut Kasatreskrim Polres Kawasan Bandara Iptu Rionson Ritonga SH, kasus ini terungkap setelah korban Mery Tania Sebastian mendatangi bagian Lost and Found Air Asia di Perth Australia, pada Minggu 2 April 2023 sekitar pukul 18.00 WITA.

Di kantor pengaduan itu, korban melaporkan bahwa koper miliknya merek American Tourister warna biru muda dengan berat 20 kg tidak ketemu di Perth.

Sebelumnya, korban menumpang pesawat Air Asia dengan No Penerbangan QZ 627 Route Surabaya – Denpasar (transit) lanjut ke penerbangan QZ 536 dengan Route Denpasar – Perth.

BACA :  Mohon Bantuan Lewat Program Badung Angelus Bhuana, Bendesa Adat dan Perbekel Luwus Baturiti Audiensi dengan Ketua DPRD Badung

“Di Perth Australia korban sadar kopernya hilang dan melapor ke lost and Found air asia di Perth,” ungkap Iptu Rionson, pada Jumat (14/4/2023).

Selanjutnya, pihak maskapai Air Asia di Perth mengirim email ke petugas Air Asia di Bali agar segera ditindak lanjuti oleh petugas Air Asia di Domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai.

“Setelah dilakukan pengecekan rekaman CCTV terlihat koper korban diambil oleh seseorang yang tidak dikenal,” ungkap Iptu Rionson.

Dari hasil lidik saat transit di Bandara Ngurah Rai, korban langsung menuju Terminal Keberangkatan International untuk menaiki pesawat berikutnya jurusan Denpasar – Perth Australia.

Sementara bagasinya ditangani pihak pengawai maskapai Air Asia melalui Terminal Kedatangan Domestik. Melalui kompayer kedatangan bagasi, bagasi korban diturunkan atau disisihkan satu persatu.

Diduga saat itulah WES beraksi setelah melihat kelengahan petugas maskapai. Pria asal Dairi, Sumatera Utara itu bergerak cepat mengambil koper korban dan membawanya keluar dari Terminal dengan menggunakan trolley. Menariknya, ia menutupi trolley dengan jaket menuju luar bandara tempat temannya menunggu.

BACA :  Mahendra Jaya Paparkan Pola Pemprov Tangani Kemiskinan di Bali

Petugas Polres Kawasan Bandara dengan sigap melakukan penyelidikan, memeriksa keterangan saksi-saksi, utamanya rekaman CCTV. Polisi mendeteksi plat sepeda motor yang ditumpangi pelaku.

Tim Opsnal langsung mengejar dan pada Rabu tanggal 12 April 2023 sekitar pukul 00.20 WITA pelaku WES berhasil ditangkap di rumah kosnya di Jalan Raya Canggu, Kuta Utara, Badung.

“Setelah kami interogasi dia mengaku mengambil koper milik korban,” terang Iptu Rionson.

Dijelaskan perwira asal Sumatera Utara ini, pelaku Wes baru landing di Bandara Ngurah Rai setelah melalui penerbangan dari Kualanmu, Medan. Pelaku datang ke Bali dengan maksud untuk mencari pekerjaan.

“Pelaku datang ke Bali rencananya untuk mencari pekerjaan,” tandasnya.

Penulis: Kontributor Denpasar 

Editor: Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular