Koperasi Diharapkan Mampu Mempererat Jalinan Pasemetonan

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati saat menghadiri grand opening Koperasi Manca Agung Sejahtera, Minggu (19/7).
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati saat menghadiri grand opening Koperasi Manca Agung Sejahtera, Minggu (19/7).

DENPASAR, balipuspanews.com – Sebuah koperasi diharapkan mampu menjadi wadah dan organisasi dalam masyarakat yang memiliki peran penting untuk menumbuhkan perputaran ekonomi di tengah masyarakat dan lingkungannya, salah satunya Koperasi Manca Agung Sejahtera yang memiliki ratusan anggota ini mampu untuk memanfaatkan peluang yang ada sehingga koperasi ini dapat tumbuh dengan baik dan bisa menjadi besar.

“Di kemudian hari karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa pasemetonan Manca Agung Trah Ida Dalem Shri Aji Tegal Besung jumlahnya besar. Kekuatan pesemetonan tentunya sangat luar biasa apabila bisa dikelola dengan sebaik-baiknya,” jelas Wakil Gubernur Bali Tjok.

Oka Artha Ardhana Sukawati saat membacakan sambutannya dalam Grand opening koperasi MAS (Manca Agung Sejahtera) yang dirangkai dengan rapat anggota, di Legian-Kabupaten Badung, Minggu (19/7).

Wagub mengatakan mempererat jalinan persaudaraan dalam suatu wadah koperasi serta meningkatkan kesejahteraan semeton Manca Agung pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi pembangunan perekonomian Bali.

Hal ini tentunya sangat sejalan dengan Visi Bapak Gubernur “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”. Mengandung makna Menjaga Kesucian dan Keharmonisan Alam Bali berserta isinya, untuk mewujudkan kehidupan Krama Bali yang sejahtera dan bahagia sekala niskala.

Dalam Visi tersebut terkandung sebuah semangat dan inspirasi untuk menuju Bali Era Baru yaitu suatu era yang ditandai dengan tatanan kehidupan baru yang meliputi tiga dimensi utama.

Dimensi pertama yakni bisa menjaga keseimbangan Alam, Krama dan Kebudayaan Bali, dimensi kedua bisa memenuhi kebutuhan, harapan dan aspirasi Krama Bali dalam berbagai aspek kehidupan, dan dimensi ketiga merupakan manajemen resiko agar Bali siap mengantisipasi munculnya permasalahan dan tantangan dalam tatanan lokal, nasional maupun global.

Berbagai Peraturan Daerah dan Peraturan Gubernur yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Bali diharapkan bisa dimanfaatkan oleh pelaku Koperasi dan UMKM se-Bali untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Dari berbagai kebijakan yang dikeluarkan tersebut tentunya banyak peluang yang bisa didapatkan oleh koperasi sehingga bisa meningkatkan produktivitasnya demi kesejahteraan anggota.

“Saya mengharapkan Koperasi Manca Agung Sejahtera ini mampu untuk memanfaatkan peluang yang ada sehingga koperasi ini dapat tumbuh dengan baik dan berkembang menjadi besar.

Pasemetonan diharapkan mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat, secara bersama sama melalui wadah Koperasi.

“Keinginan untuk membangun wadah koperasi yang berbadan hukum saya dukung sepenuhnya dan saya minta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali dapat membantu proses terbitnya badan hukum koperasi tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkap Wagub Tjok Ace.

Sementara Ketua panitia grand opening Koperasi Manca Agung Sejahtera Dewa Putra Yadnya mengatakan bahwa terbentuknya koperasi sebagai wadah untuk membangun kesejahteraan pasemetonan, sehingga memiliki makna untuk dapat memberi manfaat luas bagi lingkungan sekitarnya.

Dilain sisi, Ketua Pengawas Koperasi Konsumen Manca Agung Sejahtera Dewa Nyoman Oka mengatakan bahwa orientasi terbentuknya koperasi yang berdasarkan atas bishama yang dimiliki adalah jangan pernah lupa sembahyang di pura leluhur yang merupakan warisan dari Sri Kresna Kepakisan yang ada di Samprangan dan juga Besakih, jangan pernah berhenti belajar dan ingatlah selalu dengan saudara, keluar besar dan keturunan Ida Dalem Shri Aji Tegal Besung.

Penulis/Editor : Budiarta/Oka Suryawan