Korban Banjir Kesulitan Air Bersih, Polres Jembrana Turunkan Water Canon

Polres Jembrana, Senin (18/01/2021), mebagikan air bersih
Polres Jembrana, Senin (18/01/2021), mebagikan air bersih

NEGARA, balipuspanews.com – Warga yang menjadi korban banjir bandang sungai Yehsatang, Jumat (15/01/2021) dinihari. Masih dalam kondisi baik dan sehat-sehat saja. Namun mereka kini kesulitan air bersih untuk keperluan memasak, minum, dan lainnya.

Mereka yang menjadi korban banjir bandang dan harus mengungsi semua sehat, logistik atau kebutuhan pokok masih mencukupi. Namun untuk Desa di Medewi mereka mengalami krisis air bersih, karena bukan pelanggan PDAM.

Mereka menggunakan air bersih dalam bentuk kelompok mandiri dan karena banjir banyak pipa induk milik kelompok itu rusak dan hanyut. Untuk perbaikannya membutuhkan waktu sekitar dua mingguan itupun jika cuaca baik.

BACA:

Jumlah warga yang kesulitan air bersih cukup banyak yakni di Banjar Dauh Pangkung Selepa sebanyak 176 KK dan mereka tidak ada yang memiliki sumur. Lalu di Banjar Baler Setra sebanyak 178 KK.

Di Banjar Delod Bale Agung sebanyak 177 KK, warga banjar Dlod Setra 160 KK, namun bisa sedikit terbantu karena ada warga yang punya sumur begitupula dengan warga Banjar Loloan sebanyak 180 KK juga banyak punya sumur, serta di Banjar Pesinggahan sebanyak 585 KK yang merupakan pelanggan PDAM namun air tidak mengalir.

Mendapat informasi warga korban banjir bandang kesulitan air bersih, Polres Jembrana, Senin (18/01/2021), mebagikan air bersih.

Pembagian air bersih itu dipimpin Kapolsek Pekutatan AKBP Gusti Agung Sukasana dengan mengunakan mobil water canon untuk warga Desa Medewi yang terdampak banjir karena saluran air bersih mereka putus.

Mobil water canon itu mampu mendistribusikan 7 ribu liter air bersih yang diambil dari PDAM.

“Bantuan air bersih ini kita harapkan bisa digunakan dengan sebaik-baiknya. Ada lokasi yang tidak memungkinkan mobil water canon untuk masuk. Kami koordinasikan dengan BPBD sehingga warga disana juga bisa mendapat air bersih,” ujar Kabag Ops Polres Kompol I Wayan Sinaryasa.

Penulis : Anom Suardana 

Editor : Oka Suryawan