KORPRI Adakan Donor Darah Jelang HUT Kota Singaraja Ke-417

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) I Gede Wisnawa saat melakukan cek kesehatan sebelum donor
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) I Gede Wisnawa saat melakukan cek kesehatan sebelum donor

BULELENG, balipuspanews.com – Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kabupaten Buleleng mengadakan kegiatan donor darah di gedung Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kabupaten Buleleng, Jumat (26/03/2021).

Kegiatan tersebut diadakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-417 Kota Singaraja yang jatuh pada ada 30 Maret 2021.

Dalam pelaksanaan kegiatan donor darah tersebut diikuti oleh seluruh perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, dengan sistem perwakilan sebanyak dua orang.

“Kegiatan donor darah yang diadakan di BKPSDM ini, diikuti oleh seluruh SKPD dimana masing-masing SKPD diwakilkan oleh 2 orang, dan diikuti dengan sangat antusias,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) I Gede Wisnawa saat ditemui usai mengikuti donor.

Dari kegiatan tersebut juga berhasil terkumpul lebih dari 70 orang pendonor yang datang dan berhasil mendonorkan darahnya. Jumlah tersebut, masih akan bertambah karena belum semua perwakilan SKPD datang untuk melakukan donor darah.

“Ini belum semua SKPD. Nanti ada pegawai-pegawai dari Kecamatan juga nanti akan ke sini. Mudah-mudahan dari target yang kita pasang masing-masing SKPD 2 orang, bisa melampaui nanti ini, itu harapannya,” terangnya.

Kegiatan donor darah yang dilangsungkan dengan menjalankan Protokol Kesehatan dengan ketat. Baik petugas dan pendonor, dipastikan aman untuk melakukan kegiatan donor darah.

Selain itu, donor darah dilakukan dengan sistem perwakilan mengingat pegawai SKPD banyak yang baru melaksanakan vaksinasi Covid-19. Dimana harus ada jeda waktu tertentu bagi seorang yang telah menerima vaksin untuk bisa mendonorkan darahnya.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, disela-sela kegiatannya menyatakan bahwa donor darah yang diadakan, diharapkan dapat membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buleleng menjaga ketersediaan darah.

“Kegiatan ini sudah bekerjasama dengan PMI dan diharapkan bisa terkumpul hasil donor yang bermanfaat bagi PMI untuk menjaga ketersediaan darah di Buleleng,” tuturnya.

Kegiatan Donor Darah yang digagas oleh KORPRI hanya akan dilaksanakan satu hari saja. Tercatat ada 73 kantong darah yang terkumpul dengan rincian Golongan Darah A sebanyak 14 kantong, Golongan Darah B sebanyak 20 kantong, Golongan Darah AB sebanyak empat kantong, Golongan Darah O sebanyak 35 kantong.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan