Kamis, Juni 20, 2024
BerandaKarangasemKorsleting Kerap Jadi Pemicu Kebakaran, Damkar Karangasem Himbau Warga Perhatikan Instalasi Listrik

Korsleting Kerap Jadi Pemicu Kebakaran, Damkar Karangasem Himbau Warga Perhatikan Instalasi Listrik

KARANGASEM, balipuspanews.com – Damkar Karangasem menghimbau warga agar melalukan pengecekan instalasi listrik yang ada di rumah maupun di tempat usaha secara berkala.

Pengecekan secara berkala dipandang cukup penting dilakukan, pasalnya kebanyakan kasus kebakaran rumah ataupun tempat usaha seperti gudang dan toko yang selama ini terjadi disebabkan oleh korsleting listrik.

“Kalau bisa secara berkala diperiksa setiap jaringannya terutama yang menyala terus menerus seperti di tempat usaha, selain itu masyarakat juga perlu berhati – hati dalam pemasangan sambungan instalasi sebaiknya dilakukan oleh ahlinya atau lapor PLN,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah.

Seperti kejadian pagi ini, Minggu (16/1/2022) misalnya, diduga akibat korsleting listrik sebuah warung milik warga di Banjar Dinas Kecag Balung, Desa Seraya Tengah, Karangasem ludes terbakar.

Akibat kejadian tersebut seluruh isi warung beserta uang tunai jutaan rupiah dan surat-surat penting yang tersimpan didalamnya juga hangus dilahap si jago merah.

Damkar Karangasem yang turun langsung ke lokasi kejadian sempat mengalami kendala saat melakukan pemadaman api lantaran arus listrik yang ada di warung tersebut masih mengalir sehingga beresiko bagi petugas maupun warga sekitar yang ada didekat lokasi kejadian.

BACA :  Duta Wimbakara Gender Wayang Anak-anak Kota Denpasar Sukses Pukau Penonton

“Arus listrik masih mengalir, bahkan percikan listrik sesekali masih terlihat, kami harus menghubungi PLN dulu, baru bisa melakukan penanganan,” terang Siki Ngurah.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular