Kosongnya Posisi Ketua DPD Nasdem Tabanan Selayaknya Tidak Lebih dari “Abulan Pitung Dina”

Ketua DPC Partai Nasdem Kerambitan I Wayan Sutarma, SE
Ketua DPC Partai Nasdem Kerambitan I Wayan Sutarma, SE

TABANAN, balipuspanews.com – Wacana agar segera terisinya posisi Ketua DPD Partai Nasdem pasca berpulangnya almarhum I Wayan Sarjana, S.Sos., (Ketua DPD Partai Nasdem Tabanan) kembali disoroti kadernya. Setelah sebelumnya dua kader Partai Nasdem bicara, kini wacana serupa mengalir dari Ketua DPC Partai Nasdem Kerambitan, I Wayan Sutarma, SE.

Ditemui diruang kerjanya, Rabu (3/3/2021), mantan caleg DPRD Tabanan dengan perolehan suara terbanyak kedua di Dapil I (Tabanan-Kerambitan) ini mengakui, pasca berpulangnya almarhum Sarjana, Partai Nasdem di Tabanan seolah-olah kehilangan sosok figur pemimpin. Baginya almarhum Sarjana mampu meningkatkan elektibitas Partai Nasdem di bumi lumbung beras ini.

“Secara pribadi saya melihat almarhum Sarjana mampu membawa kemajuan bagi Partai Nasdem di Tabanan. Ini terbukti dengan meningkatnya perolehan kursi di DPRD Tabanan pada Pileg 2019 lalu,” ungkapnya.

Baca Juga :  Semarakan HUT RI ke-77, Sekda Adi Arnawa Lepas Singasari Fun Bike 2022

Kembali pada kosongnya posisi Ketua DPD Partai Nasdem Tabanan pasca berpulangnya almarhum Sarjana, Sutarma menyebutkan sebaiknya kondisi ini tidak dibiarkan terlalu lama. Artinya, DPD Partai Nasdem Tabanan harus segera memiliki ketua yang baru.

“Pasca berpulangnya almarhum Sarjana, kursi ketua sebaiknya tidak dibiarkan kosong terlalu lama. Idealnya kosongnya ketua ini tidak lebih dari abulan pitung dina (satu bulan tujuh hari),” sebutnya.

Ia memberikan alasan, jeda waktu abulan pitung dina rasa duka kader atas berpulangnya almarhum sederhana telah tersembuhkan. Kemudian itu menjadi rasa ikhlas atas telah berpulangnya almarhum.

Lebih jauh Sutarma mengatakan, bahwa dalam menentukan posisi ketua DPD di Partai Nasdem melalui mekanisme penunjukan dari DPP.

Baca Juga :  Diduga Kecanduan Judi Online, Pria Ini Gasak ATM Temannya

Terkait dengan hal tersebut, ia berharap siapapun nanti yang ditunjuk sebagai ketua DPD Partai Nasdem Tabanan yang baru agar benar-benar kader yang memang pernah berkeringat dalam membesarkan Partai Nasdem.

Sehingga ia menekankan agar pimpinan di DPW Bali maupun DPP mempertimbangkan untuk menunjuk ketua DPD Partai Nasdem dari kalangan non kader.

“Ketua yang baru nanti juga mampu merekrut kader-kader baru serta mampu membangun komunikasi yang baik dengan seluruh kader serta proses konsolidasi berjalan. Sehingga Partai Nasdem di Tabanan benar-benar solid dan bisa mengakar,” imbuhnya.

Sutarma kemudian memberikan pendapatnya terkait rentang waktu untuk lahirnya ketua DPD Partai Nasdem Tabanan yang baru. Menurutnya, paling lambat akhir Maret ini sudah ada ketua yang resmi.

Baca Juga :  Strategi Sukses Swasembada Beras Perlu Diadopsi untuk Komoditas Pangan Lainnya

Ia memberikan alasan, perlunya DPD Partai Nasdem Tabanan segera memiliki ketua yang baru. Yakni segera adanya motor penggerak untuk merealisasikan program-program di partai.

“Ya termasuk juga menyiapkan berbagai hal bagi DPD Partai Nasdem Tabanan dalam menyambut perhelatan Pileg 2024 nanti,” jelasnya mengakhiri.

Penulis : Ngurah Arthadana 

Editor : Oka Suryawan