Senin, Juni 24, 2024
BerandaDenpasarKoster Beri Kuliah Umum di Universitas Warmadewa

Koster Beri Kuliah Umum di Universitas Warmadewa

DENPASAR, balipuspanews.com – Universitas Warmadewa (Unwar) kedatangan tokoh Bali yang pernah menjabat sebagai Gubernur Bali periode 2018-2023. Adalah Dr. Wayan Koster, hadir di tengah kaum intelektual untuk memberikan kuliah umum yang bertajuk “Gen-Z Penerus Masa Depan Bali: Membangun Peradaban Masa Depan Bali”, acara ini berlangsung di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama, Sabtu (18/5/2024).

Kuliah umum dibuka langsung oleh Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP, dan dihadiri Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Bali yang menaungi Unwar beserta jajaran rektor dan ratusan mahasiswa.

Prof. Pandit berharap melalui kuliah umum ini, generasi Gen-Z mendapat gambaran bagaimana Bali dalam 100 tahun ke depan.

“Mereka harus siap untuk memimpin dan mengelola perubahan yang akan datang,” ujar Rektor.

Pendidikan dan pemahaman, lanjutnya, mendalam tentang kebudayaan Bali dinilai sangat penting agar mereka dapat menjaga dan mempromosikan keunikan Bali di kancah global.

“Kami berharap kuliah umum ini dapat memberikan wawasan dan inspirasi bagi mahasiswa kami, khususnya generasi Gen-Z, untuk terus berkontribusi dalam pembangunan Bali yang sejahtera, aman, dan berkelanjutan,” imbuh Prof. Suranaya Pandit.

BACA :  Denpasar Diharapkan Jadi Barometer Esport di Bali

Dalam kuliah umum ini, Wayan Koster membahas visi Bali untuk 100 tahun ke depan, mengajak generasi Gen-Z untuk bersinergi dan memahami perubahan yang sedang terjadi di berbagai bidang, termasuk pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata.

Generasi muda diajak memahami dan menjaga Bali sebagai destinasi pariwisata yang berkelanjutan serta mampu menghadapi era globalisasi dan digitalisasi.

Dalam kesempatan ini Koster juga memaparkan kondisi dan kemajuan Bali saat ini serta berbagai inisiatif yang telah dan akan dilakukan untuk menjadikan Bali sebagai smart island, sebuah konsep yang mengintegrasikan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Bali.

Koster menyoroti peran penting Unwar dalam memajukan pendidikan di Bali sangat diharapkan. Demikian pula kepada mahasiswa agar sungguh-sungguh menimba ilmu. Sehingga apa yang didapat di kampus berguna bagi diri sendiri, masyarakat maupun bangsa dan negara.

“Saya hadir untuk memberikan kuliah umum dan sangat senang melihat perkembangan Universitas Warmadewa yang semakin baik dan maju. Jumlah mahasiswa yang mencapai 12.000 adalah pencapaian besar untuk memajukan pendidikan,” ujar Koster.

BACA :  Tampil Memukau, Sekaa Baleganjur Dewa Ayu Duta Badung, Angkat Cerita “Wayah”

Ia juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas pendidikan.

“Spirit meningkatkan kualitas mutu semakin kuat dengan jargon yang top, unggul, dan jaya. Saya harap Warmadewa ke depan semakin maju dan terus berkontribusi memberikan layanan pendidikan berkualitas di Bali,” tambah politisi asal Desa Sembiran, Kabupaten Buleleng ini.

Wayan Koster menyoroti rendahnya tingkat partisipasi masyarakat Bali dalam pendidikan tinggi, yang masih berada di angka 30 persen. Ia mendorong Universitas Warmadewa untuk terus merekrut mahasiswa dan meningkatkan kualitas serta daya saing mereka agar siap diserap oleh dunia kerja atau menjadi pelaku usaha mandiri yang kompeten.

Dalam kesempatan ini Wayan Koster mengungkapkan jika dirinya selalu mendukung Universitas Warmadewa, sejak semasih duduk di kursi anggota DPR RI hingga menjabat sebagai Gubernur Bali pada 2018-2023 lalu.

Wayan Koster menegaskan jika Pemerintah Daerah, dalam hal ini Pemerintah Provinsi memang perlu mendukung pengembangan sarana dan prasarana pendidikan perguruan tinggi, meski kewenangan berada di pusat.

“Pemerintah daerah sangat boleh dan harus berkontribusi dalam pembangunan pendidikan, termasuk di Universitas Warmadewa,” pungkasnya.

BACA :  Diduga Depresi, Perempuan Tewas Gantung Diri di Kamar Kos

Sementara Ketua Yayasan Drs. A.A Gede Oka Wisnumurti, M.Si, meminta para mahasiswa bisa meniru perjalanan hidup dari Wayan Koster, dimana ia berjuang untuk bersekolah hingga bisa menjadi anggota DPR RI hingga Gubernur Bali.

“Ini bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk tidak mudah menyerah, hidup itu butuh proses yang harus dijalani,” ungkap Wisnumurti.

Melalui kuliah umum ini, lanjut Wisnumurti, diharapkan para mahasiswa dapat mengambil pelajaran berharga dan termotivasi untuk berperan aktif dalam pembangunan Bali masa depan.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular