Ket.Foto : Denpasar Kembali menorehkan prestasi tingkat nasional. Dalam ajang Indonesia Attractiveness Award 2019 yang diselenggarakan oleh Tempo Media Group, Kota Denpasar dinobatkan sebagai Pemenang Platinum Kota Besar Pariwisata dan Pemenang Gold Kota Besar Pelayanan Publik
Ket.Foto : Denpasar Kembali menorehkan prestasi tingkat nasional. Dalam ajang Indonesia Attractiveness Award 2019 yang diselenggarakan oleh Tempo Media Group, Kota Denpasar dinobatkan sebagai Pemenang Platinum Kota Besar Pariwisata dan Pemenang Gold Kota Besar Pelayanan Publik
sewa motor matic murah dibali

JAKARTA, Balipuspanews.com -Kota Denpasar Kembali menorehkan prestasi tingkat nasional. Dalam ajang Indonesia Attractiveness Award 2019 yang diselenggarakan oleh Tempo Media Group, Kota Denpasar dinobatkan sebagai Pemenang Platinum Kota Besar Pariwisata dan Pemenang Gold Kota Besar Pelayanan Publik. Kota Denpasar termasuk didalam 38 Provinsi serta Kota/Kabupaten penerima penghargaan yang dibagi menjadi kategori Top 2 Skala Besar, Top 1 Skala Sedang dan Top 1 Skala Kecil.

Penganugerahan Indonesias Attractiveness Award 2019 digelar pada selasa (23/7) malam di Jakarta dan diantaranya dihadiri Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya,  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Eko Putro Sandjojo, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwana X, Walikota Surabaya,  Tri Rismaharini, Dirut Tempo Media Group Toriq Hadad, dan CEO Frontier Group, Handi Irawan.

Dalam prosesnya, Kota Denpasar melewati seleksi untuk mendapat penghargaan ini dilakukan dengan melaksanakan survei langsung pada dua program yakni pariwisata dan pelayanan publik. Setelah survei, beberapa waktu yang lalu jajaran Pemkot Denpasar juga telah diundang untuk melakukan presentasi dihadapan juri.

Seperti yang telah diketahui, dalam sistem pelayanan publik Pemkot Denpasar memiliki Mal Pelayanan Publik di Lumintang, Layanan Damakesmas, Pelayanan Antar Jenazah Gratis (Pantastis), layanan BPBD, dan lain sebagainya. Sementara dibidang pariwisata, penilaian meliputi kondisi masyarakat di daerah wisata, pelayanan dan ketersediaan sarana, fasilitas penunjang dan keramahannya. Dari hasil presentasi dan survei akhirnya Denpasar mendapatkan 2  penghargaan sekaligus. Karena selama ini apa yang dilakukan dinilai bagus dibanding daerah lain di Indonesia.

Penganugrahan penghargaan ini diterima  Kota Sekda Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara, yang didampingi Kadis Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani dan Kadis DPMPTSP Kota Denpasar, IB Benny Pidada Rurus. Penghargaan Gold Kota Besar Pelayanan Publik kepada Kota Denpasar diserahkan Profesor riset LIPI, Carunia Mulia Firdausi, sementara Penghargaan Platinum Kota Besar Pariwisata diserahkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Eko Putro Sandjojo.

Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara seusai menerima penghargaan mewakili Pemkot Denpasar mengatakan penghargaan ini terkait dengan kepariwisataan karena salah satu indikator yang memberi penilaian adalah kemampuan sumber daya manusia dan pengelola kepariwisataan itu sendiri disamping infrastruktur dan kelengkapan fasilitas nya. “Penghargaan ini pada hakikatnya untuk insan kepariwisataan dan masyarakat Kota Denpasar” ujar Rai Iswara.

Sementara untuk penghargaan kategori pelayanan publik, Pemkot Denpasar dinilai berhasil melakukan inovasi dibidang pelayanan publik dan memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam pelayanan dan terus berproses sehingga masyarakat terlayani dengan baik. “Inilah salah satu penilaian panitia Indonesia Attractiveness Award melatari Kota Denpasar mendapatkan dua penghargaan ini,” kata Rai Iswara.  Selebihnya mantan Kadis Koperasi Kota Denpasar ini mengatakan secara intern sebetulnya penghargaan ini dapat menjadi pemacu peningkatan kualitas pelayanan publik dan pariwisata. “Saya  berharap masyarakat dan stakeholder lainnya dapat memberi suatu andil koreksi kepada Pemkot Denpasar secara rutin demi peningkatan kualitas pelayanan dan pariwisata itu sendiri” pungkasnya, (rls/bpn).