Minggu, Juli 21, 2024
BerandaBadungKPU Badung Lakukan Restrukturisasi Anggaran Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19

KPU Badung Lakukan Restrukturisasi Anggaran Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19

BADUNG, balipuspanews.com – Pemilihan Kepala Daerah secara serentak akan berlangsung pada, (9/12/2020) mendatang.
Tak terkecuali Pilkada di Kabupaten Badung.

Pilkada kali ini memang berbeda dengan sebelumnya, dikarenakan mewabahnya Covid-19.

Ketika ditanyai terkait anggaran di KPU Badung, Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta mengatakan, untuk anggaran saat ini masih mengacu pada anggaran awal dan sudah disesuaikan dengan masa pandemi Covid-19.

“Maka dari itu, kemarin kami lakukan optimalisasi atau restrukturisasi anggaran. Disini yang berdampak adalah adanya penambahan TPS, yang awalnya pada 1 TPS terdapat 800 pemilih untuk mengurangi kerumunan dikurangi menjadi 500 pemilih. Akibatnya di Badung dari jumlah TPS sebanyak 600 sekarang menjadi 1.069, jadi peningkatannya sebanyak 469 TPS,” ungkapnya pada, Kamis (23/7/2020).

Selain penambahan TPS, terdapat pengeluaran lainnya yaitu penyediaan APD atau alat pelindung diri.

“Para petugas KPU, termasuk juga yang hari ini turun dilengkapi dengan APD seperti masker, face shield, hand sanitizer dan hand glove. Dan pada saat proses pilkada berlangsung jika ada pemilih yang suhu tubuhnya diatas 37 derajat Celsius maka akan disiapkan bilik khusus yang ada diluar TPS,” imbuhnya.

BACA :  Tol Bali Mandara Jadi Pilot Project Sistem Tol Non Tunai Nirsentuh

Ketika ditanyai soal data jumlah pemilih di Kabupaten Badung, Semara menuturkan, data perhari kemarin terdapat jumlah pemilih sebanyak 402.995.

“Kita sudah mendapat inputan data sebanyak 38.000 jadi hampir 9,2% pemilih Badung yang sudah kita dapatkan data cuklit nya,” terangnya. (*)

Penulis : Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular