sewa motor matic murah dibali

SINGARAJA, balipuspanews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng masih menanti pengiriman surat suara dari percetakan. Saat ini surat suara pada beberapa daerah pemilihan masih belum terkirim. Rencananya pengiriman akan dilakukan hari ini (13/2), sehingga seluruh kebutuhan surat suara bisa diterima oleh KPU.

Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana mengatakan, saat ini baru beberapa surat suara saja yang sampai.

Surat suara itu sebut Dudhi, yakni surat suara Pemilihan Presiden-Wakil Presiden, surat suara pemilihan DPR-RI, surat suara caleg untuk Daerah Pemilihan Buleleng 1 Kecamatan Buleleng, Daerah Pemilihan Buleleng 2 Kecamatan Sawan, Daerah Pemilihan Buleleng 3 Kecamatan Tejakula-Kecamatan Kubutambahan, serta Daerah Pemilihan Buleleng 5 Kecamatan Banjar-Kecamatan Busungbiu.

“Surat suara untuk calon anggota DPD belum, termasuk surat suara Dapil Buleleng 4 Kecamatan Seririt-Gerokgak dan Daerah Pemilihan Buleleng 6 Kecamatan Sukasada. Informasi dari percetakan sih besok akan dikirim,” ungkapnya, Selasa (12/2).

Masih kata Dudhi, jika surat suara sudah lengkap diterima, KPU Buleleng akan segera melaporkan hal tersebut pada KPU Bali. Sehingga proses pelipatan surat suara bisa segera dilakukan. Proses pelipatan itu memakan waktu yang tak sebentar. Mengingat jumlah surat suara yang harus dilipat mencapai jutaan lembar.

“Masih menanti instruksi dari KPU Bali. Setelah ada instruksi, kami segera lakukan pelipatan dan penyortiran,” imbuhnya.

Disisi lain KPU Buleleng kemarin melakukan pencocokan surat suara dengan daftar caleg tetap yang telah ditetapkan dalam SK KPU. Pencocokan itu dilakukan untuk mengantisipasi kekeliruan nama pada hasil cetakan surat suara. Pencocokan itu dilakukan KPU dengan diawasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Buleleng serta Polres Buleleng.

Selain itu KPU juga melakukan simulasi penempatan surat suara pada bilik suara. Simulasi dilakukan guna memastikan ukuran surat suara, sesuai dengan ukuran bilik. Sehingga asas kerahasiaan pemilih dalam menyalurkan hak suara, dapat terjaga.

Tinggalkan Komentar...