KPU Gianyar Kukuhkan Panitia Pemungutan Suara Pemilu 2024

KPU Gianyar kukuhkan PPS se-Gianyar untuk menjalankan tugas dalam tahapan Pemilu 2024
KPU Gianyar kukuhkan PPS se-Gianyar untuk menjalankan tugas dalam tahapan Pemilu 2024

GIANYAR, balipuspanews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar melantik dan mengambil sumpah janji Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Gianyar di Balai Budaya Gianyar, Selasa (24/1/2023). Selain acara tersebut, PPS juga diberikan bintek.

“Panitia pemungutan suara bisa dibilang perpanjangan tangan panitia pemilihan kecamatan dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten secara berjenjang,” ujar Ketua KPU Kabupaten Gianyar I Putu Agus Tirta Suguna.

Lebih lanjut sambutan Ketua KPU Provinsi Bali yang dibacakan oleh Ketua KPU Kabupaten Gianyar I Putu Agus Tirta Suguna menerangkan, PPS mempunyai peranan yang sangat strategis sebagai pelaksana kebijakan penyelenggaraan tahapan Pemilu serentak tahun 2024 di tingkat desa.

Dalam menjalankan tugas, PPS sangat dituntut bekerja secara profesional, mempunyai integritas, dan senantiasa menjaga netralitas.

“Pemilu bisa berjalan demokratis jika semua petugas dan elemen yang terlibat di dalamnya melaksanakan tugas, fungsi dan kewajiban dengan baik, serta saling berkoordinasi untuk mencapai suasana harmonis,” tegas Agus Tirta Suguna.

Agus Tirta Suguna berharap Pemilu serentak tahun 2024 bisa berjalan dengan semestinya tanpa ada kendala yang berarti untuk mewujudkan pemilu yang bermarwah dan bermartabat.

Sambutan Bupati Gianyar yang dibacakan oleh Pj. Sekda Kabupaten Gianyar I Dewa Gede Alit Mudiarta menyampaikan, Pemilu sangat menentukan arah pembangunan strategis baik di tingkat Pusat, Provinsi, sampai dengan tingkat Kabupaten/Kota.

Hal tersebut menandakan penyelenggara Pemilu yakni KPU Kabupaten sampai dengan jajarannya harus mampu melaksanakan tugas, khususnya selalu berpedoman kepada peraturan perundangan untuk menjaga tahapan Pemilu di Kabupaten Gianyar dapat berjalan dengan lancar sehingga masyarakat dapat melaksaksanakan hak dan kewajiban politiknya dalam Pemilu.

Lebih lanjut Alit Mudiarta mengungkapkan, anggota PPS yang baru dilantik senantiasa menjaga netralitas serta integritas dalam menjalankan tugas-tugas yang diemban.

Sedangkan kepada pemangku kepentingan yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024, baik dari unsur pemerintahan, TNI/Polri, tokoh adat, pimpinan organisasi pemuda dan kemasyarakatan tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif.

Penulis : Ketut Catur

Editor : Oka Suryawan